Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas III MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Ni'mah, Umi Alfiatun (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas III MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UMI ALFIATUN NI'MAH_210616122.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Alfiatun Ni’mah, Umi. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Huruf terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas III MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.

Kata Kunci: Kartu Huruf, Keterampilan Menulis, Aksara Jawa
Keterampilan merupakan sesuatu yang penting guna mempersiapkan kesuksesan di masa depan, salah satunya adalah keterampilan menulis aksara Jawa. Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang patut untuk dilestarikan. Salah satu cara melestarikannya adalah memperkenalkan aksara Jawa melalui pembelajaran. Dalam pembelajaran aksara Jawa, guru dapat menggunakan media pembelajaran kartu huruf. Media pembelajaran kartu huruf merupakan salah satu media pembelajaran yang berbentuk kartu dan berukuran 6 cm x 5 cm yang bertuliskan aksara Jawa di dalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu huruf terhadap keterampilan menulis aksara Jawa Siswa Kelas III MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo. Terdapat 4 kelas yang terdiri dari 92 siswa yang dijadikan sebagai populasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampling purposive, sehingga diperoleh 1 kelas sampel yang terdiri dari 23 siswa.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran kartu huruf terhadap keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas III A MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo. Besar pengaruhnya dapat diketahui dari rata-rata perolehan nilai pre-test dan post-test siswa yang mengalami kenaikan yang signifikan yaitu 80,35 menjadi 86,57. Selain itu, dalam uji hipotesis juga dihasilkan bahwa H0 ditolak (ada pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu huruf terhadap keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas III A MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo). Hal ini dibuktikan dengan besarnya nilai signifikasi yang diperoleh sebesar 0,006 dan lebih kecil dari nilai signifikasi 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:12
Last Modified: 03 Dec 2020 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11969

Actions (login required)

View Item View Item