Putri, Shelya Giatna (2020) pengaruh lingkungan dan kemandirian belajar terhadap kemampuan menghafal al-qur’an siswa tahfidz di smp ma’arif 1 ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI SAH SHELYA GIATNA PUTRI 210316130.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Putri, Shelya Giatna. 2020. Pengaruh Lingkungan dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Tahfidz di SMP Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ju’Subaidi M.Ag.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar, Kemampuan Menghafal
Kemampuan menghafal Al-Qur’an berarti kecakapan memelihara dan menjaga Al-Qur’an sebagai wahyu Allah melalui proses meresapi lafadz-lafadz sesuai dengan kaidah membaca Al-Qur’an ke dalam pikiran agar bisa mengingat dan melafalkannya kembali tanpa melihat mushaf atau tulisan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan menghafal, yakni faktor eksternal dari lingkungan belajar dan faktor internal berupa kemandirian belajar. lingkungan belajar adalah tempat berlangsungnya kegiatan belajar yang mendapatkan pengaruh dari luar terhadap keberlangsungan kegiatan tersebut sedangkan kemandirian belajar merupakan hal penting bagi siswa dilihat dari situasi dalam kehidupan dewasa yang mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun faktanya pencapaiaan hafalan beberapa siswa tidak sesuai target dengan melihat dari pencapaian melalui kartu hafalan siswa yakni sekitar 30% siswa tahfidz di SMP Ma’arif 1 Ponorogo belum menyelesaikan target hafalan yang telah ditentukan dan memilih untuk berhenti mengikuti program tahfidz tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa Tahfidz SMP Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019-2020, (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa Tahfidz SMP Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019-2020 (3) pengaruh lingkungan dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa Tahfidz SMP Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019-2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 70 responden dari jumlah populasi 132 siswa tahfidz SMP Ma’arif 1 Ponorogo dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis asumsi klasik, regresi linear sederhana dan ganda.
Hasil analisis menunjukkan: (1) lingkungan belajar berpengaruh secara sigifikan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa tahfidz di SMP Ma’arif 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020 diperoleh dari Fhitung = 33,531 > Ftabel =3,9 sehingga Ho ditolak, dengan pengaruh sebesar 33% (2) kemandirian belajar berpengaruh secara sigifikan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa tahfidz di SMP Ma’arif 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020 diperoleh dari Fhitung= 21,918 > Ftabel = 3,9 sehingga Ho ditolak, dengan pengaruh sebesar 24,4% (3) lingkungan dan kemandirian belajar berpengaruh secara sigifikan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa tahfidz di SMP Ma’arif 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020 diperoleh dari Fhitung = 20,833 > Ftabel = 3,13 sehingga Ho ditolak, dengan pengaruh sebesar 38,3% sedangkan 61,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam model.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ju'subaidi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Dec 2020 02:13 |
Last Modified: | 01 Dec 2020 02:13 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11846 |
Actions (login required)
View Item |