pesan moral dalam iklan ramayana department store: "bahagianya adalah bahagiaku" edisi ramadan tahun 2017 (analisis semiotika roland barthes)

Shafira, Jihan Ranna (2020) pesan moral dalam iklan ramayana department store: "bahagianya adalah bahagiaku" edisi ramadan tahun 2017 (analisis semiotika roland barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD PERPUS-merged.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Pesan Moral, Iklan Ramayana, Semiotika Roland Barthes

Seiring berkembangnya zaman, teknologi informasi dan komunikasi turut berkembang semakin pesat. Media yang biasanya digunakan adalah media massa seperti media cetak dan media elektronik. Salah satu penggunanan media massa dalam dalam penyampaian informasi dan mempersuasi khalayak adalah iklan. Seperti iklan Ramayana Department Store “Bahagianya Adalah Bahagiaku” Edisi Ramadan 2017 yang tampak berbeda dari iklan pada umumnya. Iklan yang memiliki tema kekeluargaan ini mengandung pesan moral secara tersurat ataupun tersirat. Untuk mengetahui pesan moral yang ada di iklan tersebut, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terdapat dalam iklan Ramayana Department Store: “Bahagianya Adalah Bahagiaku” Edisi Ramadan Tahun 2017? (2) Bagaimana pesan moral yang terdapat dalam iklan Ramayana Department Store: “Bahagianya Adalah Bahagiaku” Edisi Ramadan Tahun 2017?
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis penelitian yang penulis gunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes, yang membagi tanda menjadi denotasi, konotasi dan mitos.
Dalam penelitian ini didapatkan kesimpulan yang berupa terdapat sembilan adegan yang setiap adegan memiliki makna denotasi, konotasi, dan mitos. Makna denotasinya adalah tentang keluarga nenek yang menghadapi perilaku nenek dengan penuh sabar, tabah, dan ikhlas. Makna konotasinya adalah keluarga nenek melakukan semua yang nenek inginkan karena ingin membuat nenek bahagia, juga untuk menunjukkan rasas bakti dah hormat terhadap nenek. Makna mitosnya adalah amalan-amalan sunnah yang dilakukan di bulan Ramadan seperti sholat tarawih dan sahur, hingga tradisi membeli baju lebaran. Adapun pesan moral yang terkandung pada iklan tersebut adalah kepedulian sosial, mentaati nasihat orang tua, belanja secukupnya, mengajak dalam kebaikan, membahagiakan orang tua, dilarang menguping, pentingnya komunikasi, kasih sayang terhadap orang tua, dan banyak mencari tahu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2020 05:02
Last Modified: 30 Nov 2020 05:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11835

Actions (login required)

View Item View Item