Tradisi Perhitungan Weton dalam Pernikahan Jawa di Dusun Sidorejo, Desa Sedah, Kec. Jenangan, Kab. Ponorogo (Pendekatan Etnografi Komunikasi)

Dwi Rahmawati, Della (2020) Tradisi Perhitungan Weton dalam Pernikahan Jawa di Dusun Sidorejo, Desa Sedah, Kec. Jenangan, Kab. Ponorogo (Pendekatan Etnografi Komunikasi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETHESESFIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Komunikasi, Etnografi Komunikasi, Tradisi
Pernikahan Jawa

Pernikahan adalah kewajiban bagi setiap manusia untuk mendapatkan keturunan yang sah secara agama dan negara yang dilakukan dalam sekali seumur hidup. Maka dari itu, menentukan hari pernikahan yang baik melalui perhitungan weton Jawa yang hingga saat ini masih dianggap penting. Perhitungan weton sebagai dasar tradisi masyarakat sebelum melakukan proses pernikahan. Dengan pendekatan etnografi komunikasi dapat menemukan bagaimana masyarakat menggunakan bahasa, perilaku, dan budaya yang menjadikan tradisi mereka terbentuk, langgeng dan turun temurun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi masyarakat sehingga dapat ditemukan perilaku masyarakat dalam proses hitung weton, serta mengetahui kompetensi komunikasi terhadap hasil perhitungan weton pernikahan Jawa di Dusun Sidorejo, Desa Sedah, Kecamatan Jenangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi komunikasi teori dari Dell Hymes.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditemukan : 1. Aktivitas komunikasi dalam perhitungan weton pernikahan Jawa di Dusun Sidorejo, Desa Sedah Kec. Jenangan sebagai berikut : a. Situasi komunikasi saat proses hitung weton. b. Tipe peristiwa peralatan saat hitung weton. Topik peristiwa proses perhitungan weton. Tujuan dan fungsi mendapat kehidupan yang baik. Setting berada di rumah orang yag menghitung weton. Bentuk pesan berupa verbal dan non verbal. Isi pesan berupa proses perhitungan weton. Urutan tindakan sebelum hitung weton sampai prosesnya. Kaidah interaksi perilaku selama proses hitung weton. Norma interpretasi kebiasaan dan tabu yang dihindari. 2. Kompetensi komunikasi terhadap hasil perhitungan weton pernikahan Jawa diantaranya : a. Pengetahuan linguistik bahasa yang digunakan. b. Keterampilan interaksi ekspresi yang diterima. c. Kebudayaan yang dijadikan sebagai tradisi masyarakat di Dusun Sidorejo, Desa Sedah, yaitu proses perhitungan weton sebelum pernikahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:51
Last Modified: 30 Nov 2020 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11780

Actions (login required)

View Item View Item