implementasi kurikulum vokasional berbasis teknologi dalam meningkatkan kompetensi lulusan (studi kasus di ma negeri 1 ponorogo)

kusumasari, febri rindu (2020) implementasi kurikulum vokasional berbasis teknologi dalam meningkatkan kompetensi lulusan (studi kasus di ma negeri 1 ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211216007 FEBRI RINDU KUSUMASARI_MPI 211216007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kusumasari, Febri Rindu. 2020. Implementasi Kurikulum Vokasional Berbasis Teknologi
dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan (Studi Kasus di MA Negeri 1 Ponorogo). Skripsi.
Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata Kunci: Kurikulum Vokasional, Teknologi, Kompetensi Lulusan.
Penelitian dilatarbelakangi oleh banyaknya lulusan yang menganggur setelah mereka lulus,
karena beberapa faktor yaitu tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi, faktor ekonomi dan
kurangnya lapangan pekerjaan. Untuk itu perlu adanya pengembangan inovasi dari madrasah
dalam mengantisipasi problem tersebut. Kemudian untuk mengantisipasi hal tersebut Kementerian
Agama mengeluarkan kebijakan mengenai penyelenggaraan program keterampilan di Madrasah
Aliyah. MAN 1 Ponorogo merupakan madrasah pertama yang menerapkan program tersebut.
Program Keterampilan ini didukung oleh kurikulum vokasional yang mana dalam pelaksanaannya
memerlukan perencanaan yang matang serta perlu memperhatikan faktor-faktor pendukung seperti
peserta didik, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan lingkungan masyarakat.
Perencanaan perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh agar tujuan dari kurikulum vokasional
yaitu membekali siswa berupa keterampilan/ life skill, dapat tercapai dan memperoleh hasil yang
maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) Perencanaan
implementasi kurikulum vokasional berbasis teknologi dalam meningkatkan kompetensi lulusan
di MAN 1 Ponorogo, (2) Implementasi kurikulum vokasional berbasis teknologi dalam
meningkatkan kompetensi lulusan di MAN 1 Ponorogo, (3) Hasil dari implementasi kurikulum
vokasional berbasis teknologi dalam meningkatkan kompetensi lulusan di MAN 1 Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif
dan bersifat studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif menurut Miles and Huberman
yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian tersebut adalah (1) Terdapat beberapa faktor pendukung yang perlu
dipersiapkan sebelum pelaksanaan kurikulum vokasional di antaranya materi kurikulum
vokasional, tim vokasi, perekrutan tenaga pendidik yang sesuai dengan bidang keterampilan di
MAN 1 Ponorogo, serta pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. (2) Implementasi kurikulum
berbasis teknologi di MAN 1 Ponorogo merupakan perealisasian dari perencanaan kurikulum
vokasional, kurikulum vokasional dilaksanakan dengan sistem moving class, materi yang
diberikan kepada siswa disesuaikan dengan bidang keterampilan yang dipilihnya, tenaga pendidik
yang mengajar pun juga profesional dan berkompeten karena disesuaikan tiap-tiap program
keterampilan, kurikulum vokasional tersebut didukung oleh teknologi pendidikan yang mana
termasuk dalam sarana dan prasarana yang mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga
sarana dan prasarana tersebut memadai dan berstandar Dunia Usaha/ Dunia Industri, semua hal
tersebut dilakukan agar siswa berkompeten dalam bidang keterampilan yang dipilih. (3) Hasil dari
implementasi kurikulum vokasional berbasis teknologi dapat dilihat dari produk-produk yang
dihasilkan oleh siswa melalui ujian Tugas Akhir dan juga prestasi yang diraih siswa dalam segala
bidang baik akademik maupun non akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: umar sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:12
Last Modified: 23 Nov 2020 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11532

Actions (login required)

View Item View Item