Faktor-faktor Determinan Menonton Televisi Terhadap Akhlak Anak Usia Dini di TK PKK Krebet Jambon Ponorogo.

Maisaroh, Umi (2020) Faktor-faktor Determinan Menonton Televisi Terhadap Akhlak Anak Usia Dini di TK PKK Krebet Jambon Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UMI MAISAROH 211116009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MAISAROH, UMI. 2020. Faktor-faktor Determinan Menonton Televisi Terhadap Akhlak Anak Usia Dini di TK PKK Krebet Jambon Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Mukhlison Effendi, M.Ag.

Kata Kunci: Televisi, Akhlak, Anak Usia Dini. Sesungguhnya pendidikan itu dimulai sedini mungkin, begitu pula dengan penanaman akhlak pada anak. Melalui akhlak anak diajarkan tentang bagaimana berperilaku, berpakaian, belajar, dan makan minum yang sesuai dengan ajaran islam. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, akhlak anak terhadap kebiasaan berpakaian, belajar, dan makan minum anak di TK PKK Krebet Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo tergolong sudah baik. Hal ini ditunujukkan dengan adanya anak yang memakai pakaian yang rapi, berdo’a ketika sebelum dan sesudah belajar, makan dan minum menggunakan tangan kanan, dan berdo’a ketika selesai makan dan minum. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan faktor determinan menonton televisi dalam berpakaian anak usia dini di TK PKK Krebet Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo; (2) Mengetahui apa faktor determinan menonton televisi dalam belajar bersama teman sebaya anak usia dini di TK PKK Krebet Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo; (3) Mengetahui apa faktor determinan menonton televisi dalam makan dan minum anak usia dini di TK PKK Krebet Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data, dalam penlitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data kualitatif mengikuti konsep Miles dan Hubermandengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Faktor determinan menonton televisi terhadap akhlak teman sebaya dalam berpakaian anak di TK PKK Krebet adalah faktor pembawaan dari diri anak berupa kecenderungan yang dimiliki anak terhadap sesuatu hal, seperti ketertarikan anak terhadap sesuatu yang dilihat, orang tua, dan lingkungan sekitar. (2) Faktor determinan menonton televisi dalam belajar bersama teman sebaya anak usia dini di TK PKK Krebet adalah faktor pembiasaan dan pembawaan anak, anak yang sering menonton televisi akan pasif dan sulit untuk berkonsentrasi dalam belajar yang akan menyebabkan menurunnya hasil belajar anak. (3) Faktor determinan menonton televisi dalam makan dan minum anak usia dini di TK PKK Krebet adalah pembawaan anak dan pembiasaan yang diperoleh anak dari orangtua saat makan sambil menonton televisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 01:58
Last Modified: 23 Nov 2020 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11503

Actions (login required)

View Item View Item