ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH DALAM MENABUNG DI BRI SYARIAH KCP PONOROGO

NAILINNI’MAH, IKFINA (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH DALAM MENABUNG DI BRI SYARIAH KCP PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
IKFINA NAILINNI'MAH_210816031.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nailinni’mah, Ikfina. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Dalam Menabung Di BRI Syariah KCP Ponorogo. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah (PS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorgo. Pembimbing Agung Eko Purwana, SE., MSI
Kata Kunci : Bank Syariah, Purchase intention, Word-of-mounth, Price sensivity, Complaining behaviour
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi lokasi yang kurang luas dan strategis, fasilitas yang minim. Sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi serta mempertahankan loyalitas nasabahnya. Masalah penelitian ini adalah faktor apa saja yang dapat mempengaruhi loyalitas nasabah BRI Syariah KCP Ponorogo, Faktor yang paling dominan mempengaruhi loyalitas nasabah dalam menabung di BRI Syariah KCP Ponorogo.
Penelitian yang digunakan penulis ialah penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 12.420, yang dijadikan sampel berjumlah 100. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), sedangkan analisis data untuk rumusan masalah menggunakan analisis faktor.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa: dari 6 variabel yaitu citra, kepercayaan, kualitas layanan, kepuasan, religiusitas dan lokasi, terdapat satu faktor dan sekaligus menjadi faktor yang dominan dalam mempengaruhi loyalitas nasabah dalam menabung di BRIS KCP Ponorogo, yaitu faktor brand image dan fasilitas. Faktor ini terdiri dari 6 variabel, 4 variabel memiliki hubungan kuat yaitu citra, kepercayaan, kepuasan, kualitas layanan, dan 2 variabel memiliki hubungan lemah yaitu religiusitas dan lokasi. Dengan hasil tersebut BRIS KCP Ponorogo harus fokus pada brand image dan fasilitas untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan kepada nasabah agar bisa menjalankan pelayanan dengan baik. Selain itu tetap memberlakukan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak Bank agar karyawan dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AGUNG EKO PURWANA
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2020 05:38
Last Modified: 19 Nov 2020 05:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11447

Actions (login required)

View Item View Item