Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Randusongo Ngawi Semester Genap Tahun Tahun Ajaran 2019/2020

Wulandari, Nofita (2020) Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Randusongo Ngawi Semester Genap Tahun Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESES NOVITA WULANDARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Nofita. 2020. Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media pada
Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 01 Randusongo Ngawi. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing,
Lukman Hakim, M.P.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Media Pembelajaran, Pembelajaran
Tematik
Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas menunjukkan bahwa
pembelajaran di kelas guru dan siswa hanya berlangsung satu arah atau teacher
centered. Namun dalam pembelajaran sebagian guru sudah menggunakan media
walaupun belum sepenuhnya materi guru menggunakan media pembelajaran.
Selain itu, adanya sebuah kekurangan dalam pemberian sarana dan prasarana
dalam pelaksanaan pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana guru
memanfaatkan media dalam pembelajaran tematik, 2) Bagaimana guru
mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran tematik, 3) Apa problematika
yang dihadapi guru.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan metode
kualitatif deskriptif serta dilaksanakan di SDN 01 Randusongo Ngawi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi,
dan angket. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas V,
dan siswa.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru memanfaatkan media
dalam pembelajaran tematik yaitu dengan cara, menggunakan media saat
pembelajaran tematik contohnya seperti menggunakan media gambar, alat praga,
poster, dll. 2) Cara guru mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran tematik
yaitu dengan cara, mempertimbangkan indikator, mempertimbangkan tingkat
perkembangan peserta didik maupun kondisi psikologisnya. 3) Problematika yang
dihadapi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran tematik, antara lain
yang pertama dari peserta didiknya yang ramai sendiri, kurangnya sarana dan
prasarana yang ada di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2020 23:43
Last Modified: 16 Nov 2020 23:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11351

Actions (login required)

View Item View Item