Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar IPS Terpadu Pada Materi Kegiatan Ekonomi

Nurjanah, Siti (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar IPS Terpadu Pada Materi Kegiatan Ekonomi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Upload-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nurjanah, Siti. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning
(PBL)Terhadap Motivasi Belajar IPS Terpadu Pada Materi Kegiatan
Ekonomi. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning
PBL
Penelitian ini merupakan suatu bentuk analisis terhadap model pembelajaran
PBL yang diterapkan pada saat proses pembelajaran. Pemilihan model
pembelajaran yang tepat sangatlah penting dilakukan, karena hal tersebut
merupakan salah satu factor yang mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Seperti halnya proses pembelajaran di SMPN 2 Ponorogo yang menggunakan
ceramah hasilnya masih kurang efektif, hal tersebut dilihat ketika pelaksanaan
magang 2 sebelumnya.
Penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning terhadap motivasi belajar IPS Terpadu pada materi
kegiatan ekonomi. Oleh karena itu peneliti menyusun pertanyaan yang akan
dijawab, yaitu: Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran
Problem Based Learning terhadap motivasi belajar IPS Terpadu pada materi
kegiatan ekonomi?
Jenis penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen, dimana penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Ponorogo, dengan
jumlah sampel yang diambil sebesar 64 siswa. Metode penelitian survey dengan
teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil pengujian data yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS
Versi 25 memperoleh hasil thitung sebesar 3,808 dan ttabel sebesar 1,997 (thitung>ttabel)
atau jika dilihat dari sisi sig. 2 tailed 0,000 < 0,05, yang artinya model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap motivasi belajar IPS Terpadu pada materi kegiatan ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:42
Last Modified: 16 Nov 2020 04:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11326

Actions (login required)

View Item View Item