Setiyoningrum, Choirum Cahyani (2020) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SDN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI Upload_210616155_CHOIRUM CAHYANI SETIYONINGRUM.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Setiyoningrum, Choirum Cahyani. 2020. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SDN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: Interaksi Teman Sebaya, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar IPA
Teman sebaya memiliki pengaruh yang kuat dalam perkembangan anak. Hubungan antara anak-anak dan teman sebaya, berbeda dengan hubungan mereka dengan orang dewasa. Hal yang paling penting ketika berhubungan dengan teman sebaya yaitu anak-anak bisa bisa menilai diri sendiri mereka sendiri, menyampaikan pendapat mereka, dan berdiskusi tentang pandangan mereka yang berbeda. Pada dasarnya, setiap aktivitas belajar yang dilakukan peserta didik akan memberikan hasil. Hasil belajar tersebut bisa berupa pengetahuan yang bertambah, keterampilan, dan kebiasaan-kebiasaan positif, dan tercapainya cita-cita peserta didik. Hasil belajar IPA di SDN 1 Jenangan itu masih rendah. Dikatakan rendah karena jumlah yang tuntas itu jauh lebih sedikit dari siswa yang tidak tuntas. Jika dirata-rata nilai IPA siswa dari tema 1 sampai dengan tema 5 itu siswa yang tuntas sebanyak 47 %, sedangkan siswa yang tidak tuntas itu sebanyak 53 %.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPA kelas V di SDN 1 Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020, (2) Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA kelas V di SDN 1 Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020, (3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA kelas V di SDN 1 Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, datanya berupa angka-angka menggunakan teknik regresi. Perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dan berganda. Adapun jumlah populasinya adalah semua siswa kelas V SDN 1 Jenangan Ponorogo. Untuk sampel penelitian ini mengambil semua siswa kelas V SDN 1 Jenangan Ponorogo yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan penilaian skala likert dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan statistik dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPA kelas V di SDN 1 Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Besar pengaruhnya adalah 19.6 %, sedangkan sisanya 80.4 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti yang berasal dari faktor internal maupun faktor eksternal. (2) Ada pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA kelas V di SDN 1 Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Besar pengaruhnya adalah 28.7 %, sedangkan sisanya 71.3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti yang berasal dari faktor internal maupun faktor eksternal. (3) Ada pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA kelas V di SDN 1 Jenangan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Besar pengaruhnya adalah 29.4 %, sedangkan sisanya 70.6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti yang berasal dari faktor internal maupun faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Anis Afifah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Nov 2020 02:50 |
Last Modified: | 15 Nov 2020 02:50 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11280 |
Actions (login required)
View Item |