Komparasi Hasil Belajar Fikih Dengan Menggunakan Metode Ceramah Dan Strategi Indeks Card Match Pada Siswa Kelas Kelas VIII Di MTs Ma'arif 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Ningrum, Rizky Wahyu (2020) Komparasi Hasil Belajar Fikih Dengan Menggunakan Metode Ceramah Dan Strategi Indeks Card Match Pada Siswa Kelas Kelas VIII Di MTs Ma'arif 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316324 RIZKY WAHYU NINGRUM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ningrum, Rizky Wahyu, 2020. Komparasi hasil belajar fikih dengan menggunakan metode ceramah dan strategi indeks card match pada siswa kelas VIII di MTs Ma’arif 1 Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Ceramah, Strategi Indeks Card Match
Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Hasil belajar siswa dapat membantu guru dalam mengetahui apakah metode yang digunakan sudah tepat atau belum. Rendahnya hasil belajar siswa menjadi salah satu masalah yang sering kita temui di sekolah. Khususnya di MTs Ma’arif 1 Ponorogo hasil belajar siswa masih rendah. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor internal seperti kondisi jasmani dan rohani, faktor sosial seperti kondisi lingkungan belajar, serta faktor struktural seperti pendekatan, metode, strategi belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) nilai rata-rata hasil belajar Fikih dengan menggunakan metode ceramah pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif 1 Ponorogo. (2) nilai rata-rata hasil belajar Fikih dengan menggunakan strategi pembelajaran Indeks Card Match pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif 1 Ponorogo. (3) adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar Fikih siswa antara yang menggunakan metode ceramah dan strategi pembelajaran Indeks Card Match pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif 1 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis komparasional. Populasi dan sempel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif 1 Ponorogo yang berjumlah 56 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus analisis uji “t”.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Ma’arif 1 Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 adalah 79,23 dengan presentase dalam kategori baik sebesar 10%, presentase dalam kategori cukup sebesar 70%, dan presentase dalam kategori kurang baik sebesar 20%. (2) Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi indeks card match pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Ma’arif 1 Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 adalah 88,76 dengan presentase dalam kategori baik sebesar 30,8%, presentase dalam kategori cukup sebesar 46,2%, dan presentase dalam kategori kurang baik sebesar 23%. (3) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode ceramah dengan strategi indeks card match pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Ma’arif 1 Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Dibuktikan dengan uji “t” yang diperoleh thitung > ttabel dimana nilai thitung sebesar 3,827. Sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5%, sebesar 2,000 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh ttabel = 2,660.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2020 06:53
Last Modified: 10 Nov 2020 06:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11166

Actions (login required)

View Item View Item