Sriyatin, Sriyatin (2020) Analisis penerapan standar operasional prosedur (SOP) dalam meningkatkan kualitas kerja karyawan di UD Sukri Dana Abadi Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Sriyatin_210716121_Siap Upload.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sriyatin. 2020. Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam
Meningkatkan Kualtas Kerja Karyawan di UD Sukri Dana Abadi Ponorogo.
Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Kata kunci: Standar Operasional Prosedur, Kualitas Kerja.
Untuk menciptakan suatu perusahaan yang baik, dibutuhkan penerapan SOP
yang baik. Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan suatu standar tertulis
yang digunakan untuk mendorong dan menggerakan suatu kelompok untuk
mencapai tujuan organisasi. Fenomena yang terjadi di lapangan menunjukkan
bahwa tidak semua karyawan melaksanakan SOP dengan baik, hal ini dikarenakan
beberapa karyawan yang masih melanggar aturan yang sudah ada dan justru
sering terjadi kelalaian hingga dapat menghambat pelaksanaan produksi, serta
berdampak pada kualitas kerja karyawan.
Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan: (1) Untuk
menganalisis pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam
meningkatkan kualitas kerja karyawan di UD Sukri Dana Abadi Ponorogo.
(2) Untuk menganalisis manfaat Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap
kualitas kerja di UD Sukri Dana Abadi Ponorogo.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian field research atau penelitian
lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prosedur kerja dikatakan baik apabila
mencakup 7 dimensi yaitu meliputi efesiensi, konsistensi, meminimalisasi
kesalahan, penyelesaian masalah, perlindungan tenaga kerja, peta kerja, dan
batasan pertahanan. Dari ketujuh dimensi tersebut dalam pelaksanaanya
dilapangan masih belum bekerja secara maksimal yang meliputi efisiensi,
konsistensi, meminimalisasi kesalahan, dan perlindungan tenaga kerja. Sedangkan
penyelesaian masalah, peta kerja dan batasan pertahanan belum ditemukan
permasalahan yang serius. (2) Terdapat beberapa manfaat yang dirasakan dari
adanya SOP tersebut yaitu karyawan lebih berhati-hati dalam melakukan
pekerjaannya, mereka juga mengetahui posisi kerja masing-masing. Namun jika
dilihat dari kualitas kerja dari segi aspek ketepatan waktu, kelengkapan dan
kerapian belum dirasakan manfaatnya secara keseluruhan. Hal ini dapat dilihat
dari segi ketepatan waktu bahwa keterlambatan bahan baku menyebabkan
karyawan bekerja kurang maksimal dan mengalami keterlambatan pengiriman.
Yang kedua dari segi kelengkapan yaitu kendalannya ketika musim hujan yang
menyebabkan alur dan proses produksi tidak berjalan semestinya mengakibatkan
karyawan kurang memperhatikan ketelitian dalam memproduksi sapu ijuk. Dari
segi kerapian, masih banyak karyawan yang kurang rapi dalam membuat sapu ijuk
beberapa pekerja harian yang memotong sapu ijuk belum sesuai standar. Dengan
adanya manfaat dari penerapan SOP menjadi pendorong serta dapat meningkatkan
kualitas kerja yang meliputi unsur ketepatan waktu, kelengkapan, kerapian
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Luthfi Hadi Aminuddin |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 14:14 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 14:14 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11074 |
Actions (login required)
View Item |