ANALISIS PENERAPAN KEBIJAKAN UPAH MINIMUM KOTA PADA KARYAWAN SWALAYAN (Studi Kasus Di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan)

Wati, Agustin Dwi Mahardika (2020) ANALISIS PENERAPAN KEBIJAKAN UPAH MINIMUM KOTA PADA KARYAWAN SWALAYAN (Studi Kasus Di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
AGUSTIN DWI E-THESES.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wati, Agustin Dwi Mahardika. Analisis Penerapan Upah Minimum Kota Pada Karyawan Swalayan di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah.
Kata kunci: Penerapan Upah Minimum, Faktor Pertimbangan Penerapan Upah
Penerapan Upah Minimum Kota (UMK) di Kecamatan Plaosan ternyata belum dipatuhi sejumlah perusahaan, masih ada beberapa pegawai yang bekerja di swalayan masih belum menerima gaji sesuai penetapan UMK atau masih berada dibawah UMK. Maka dari itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang penerapan upah rata-rata yang diterima karyawan swalayan di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan dan implikasi upah rata-rata karyawan terhadap kebutuhan hidup layak karyawan swalayan di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalaha penelitian kualitatif deskriptif dan termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian dilakukan pada Karyawan Swalayan yang ada di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian bahwa pihak dari swalayan yang ada di kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan belum sesuai dengan Upah Minimum Kota yang telah ditetapkan. Beberapa faktor yang menyebabkan pihak swalayan tidak bisa memberikan upah sesuai Upah Minimum Kota karena pendapatan dari swalayan tersebut relatif rendah karena minimumnya konsumen yang datang ke swalayan, dan banyaknya biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh pihak swalayan. Dengan upah yang masih rendah maka para karyawan swalayan tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup mereka dengan layak, karena kebutuhan hidup karyawan swalayan lebih tinggi dari kebutuhan hidup yang telah ditetapkan pemerintah dan upah yang diterima relatif rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Oct 2020 01:31
Last Modified: 27 Oct 2020 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10913

Actions (login required)

View Item View Item