analisis manajemen pemasaran syariah pada produk simpanan muḍarabah di bmt mbs syariah kantor pusat madiun

Nurmasari, Laila Tri (2020) analisis manajemen pemasaran syariah pada produk simpanan muḍarabah di bmt mbs syariah kantor pusat madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LailaTriNurmasari_210716126.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurmasari, Laila Tri. 2020. “Analisis Manajemen Pemasaran Syariah pada Produk Simpanan Muḍarabah di BMT MBS Syariah Kantor Pusat Madiun.” Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Unun Roudlotul Jannah M.Ag.

Kata kunci : Manajemen Pemasaran Syariah, Simpanan Muḍarabah
Manajemen pemasaran syariah adalah suatu proses mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian segala aktivitas dalam kegiatan bisnis yang dijalankan dengan prinsip pada akad muamalah Islami. Sedangkan simpanan muḍarabah adalah jenis simpanan yang dapat diambil sewaktu-waktu (bebas). Adapun tujuan peneliti yaitu untuk menganalisis manajemen pemasaran syariah berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian pada simpanan muḍarabah di BMT MBS Syarian Kantor Pusat Madiun.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis menurut sumber datanya termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengalaman personal. Teknik pengolahan data dengan melalui tiga tahap yaitu editing, organizing, dan analisis data. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT MBS Syariah kantor pusat Madiun telah melakukan manajemen pemasaran syariah terhadap perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian pada simpanan muḍarabah sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan teori dan syariat Islam yang ada. Sehingga BMT MBS Syariah kantor pusat Madiun dapat memenangkan market share. Hanya saja BMT MBS Syariah memang benar-benar menekankan terkait ibadah sebagai landasan untuk membangun jiwa-jiwa syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:50
Last Modified: 15 Oct 2020 03:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10891

Actions (login required)

View Item View Item