Nuril, Chafidoh (2020) Tinjauan Fatwa No.75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang Pedoman Penjualan Langsung Berenjang Syariah Terhadap Strategi Penjualan Pada Produk Tupperware Di Agen "Alfin Tuppy" Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
NURIL CHAFIDOH E THESIS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Chafidoh, Nuril, 2020. Tinjauan Fatwa No.75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang
Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Terhadap
Strategi Penjualan Pada Produk Tupperware Di Agen Tupperware
“Alfin Tuppy” Jombang. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi
Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing Atik Abidah, M.S.I.
Kata Kunci : Fatwa No.75/DSN-MUI/VII/2009, Penjualan Langsung Berjenjang
Syariah, Star Chart, Strategi Penjualan.
Fatwa No.75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang Pedoman Penjualan Langsung
Berjenjang Syariah menjelaskan mengenai metode penjualan barang dan produk
jasa dengan pola penjualan berjenjang termasuk didalamnya Multi Level
Marketing. Agen Tupperware “Alfin Tuppy” Jombang adalah salah satu agen
penjualan produk wadah makanan yang menggunakan sistem penjualan langsung
berjenjang. Strategi yang digunakan yaitu dengan mengadakan kegiatan disertai
pengumpulan dana kemudian mengalokasikan sebagian dananya untuk biaya
pembelian produk Tupperware sendiri yang akan diberikan kepada yang berhak.
Dan juga adanya target pembelian produk Tupperware untuk mendapatkan bonus
star chart. Dengan adanyan target mendapatkan bonus maka akan mempengaruhi
daya tarik yang kemungkinan memiliki dampak berlebihan bagi konsumen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tinjauan
Fatwa No.75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang Pedoman Penjualan Langsung
Berjenjang Syariah terhadap strategi penjualan pada produk Tupperware Di Agen
Tupperware “Alfin Tuppy” Jombang? (2) Bagaimana tinjauan Fatwa No.75/DSN-
MUI/VII/2009 Tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah
terhadap akad sistem Star Chart pada produk Tupperware Di Agen Tupperware
“Alfin Tuppy” Jombang?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian
lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan tekhnik pengumpulan
data yang digunakan adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis
yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deduktif yaitu pembahasan
yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang
bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi penjualan pada
produk Tupperware Di Agen Tupperware “Alfin Tuppy” Jombang dengan
mengadakan kegiatan dan mengumpulkan dana untuk pemberian produk
Tupperware telah sesuai dengan Fatwa No.75/DSN-MUI/VII/2009 karena tidak
mengandung unsur garār, maysir, darar, zulm, maksiat, riba serta tidak ada
kenaikan harga atau biaya berlebihan (excessive mark up) yang dapat merugikan
konsumen, kemudian dalam akad sistem Star Chart juga sesuai dengan Fatwa
No.75/DSN-MUI/VII/2009 karena dalam praktiknya selama igra‟ (iming-iming)
digunakan sebagai motivasi, tidak menimbulkan dampak negatif dan tidak
melupakan tujuan asasi untuk dekat kepada Allah maka diperbolehkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Atik Abidah |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 02:45 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 02:45 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10857 |
Actions (login required)
View Item |