Analisis Terhadap Syarat Alternatif Izin Poligami (Studi Terhadap Putusan Nomor 475/Pdt.G/2019/PA.Pct)

Rahmawati, Andyani Tika (2020) Analisis Terhadap Syarat Alternatif Izin Poligami (Studi Terhadap Putusan Nomor 475/Pdt.G/2019/PA.Pct). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (Andyani Tika Rahmawati 210116048).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, Andyani Tika, 2020. Analisis Terhadap Syarat Alternatif Izin Poligami (Studi Terhadap Putusan Nomor 475/Pdt.G/2019/Pa.Pct). skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Abid Rohmanu, M.HI.
Kata kunci/keywod: Syarat, Izin Poligami, Pertimbangan Hakim
Asas perkawinan di Indonesia adalah asas monogami. Namun asas ini bukanlah asas monogami mutlak. Poligami dilakukan dalam status hukum darurat dan disertai persyaratan yang ketat. Poligami diatur dalam Pasal 4 sampai 5 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan serta pada Pasal 55 sampai Pasal 59 Kompilasi Hukum Islam (KHI). Dalam Putusan Pengadilan Agama Pacitan Nomor 475/Pdt.G/2019/PA.Pct, ada hal yang menarik untuk dikaji, karena alasan suami untuk berpoligami tidak memenuhi syarat alternatif yang diatur dalam Pasal 4 ayat (2) dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pertimbangan majelis hakim terhadap pemberian izin poligami yang tidak memenuhi syarat alternatif dalam putusan Nomor 475/Pdt.G/2019/PA.Pct ditinjau dari teori penemuan hukum? (2) Bagaimana analisis mas{lah{ah terhadap pemberian izin poligami yang tidak memenuhi syarat alternatif dalam Putusan Nomor 475/Pdt.G/2019/PA.Pct?
Jenis penelitian yang digunakan adalah library research. Sumber primernya adalah putusan Perkara Nomor 475/Pdt.G/2019/PA.Pct dan sumber sekundernya berupa buku-buku, karya ilmiah dan segala sesuatu lain yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan melalui data kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu teknik pengumpulan data melalui dokumen.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan pertimbangan majelis hakim dalam Putusan Nomor 475/Pdt.G/2019/PA.Pct alasan pemohon tidak memenuhi syarat alternatif poligami, sehingga dalam pertimbangannya hakim melakukan penemuan hukum, yakni hakim menggunakan metode penemuan hukum gramatikal. Sehingga dari metode penemuan hukum diatas ditemukan sebuah solusi yaitu menjadikan poligami sebagai sebuah jalan atas kemelut perkara tersebut. Sehingga permohonan yang diajukan oleh pemohon tersebut dikabulkan. Selanjutnya analisis mas{lah{ah terhadap pemberian izin poligami yang tidak memenuhi syarat alternatif dalam Putusan Nomor 475/Pdt.G/2019/PA.Pct sifat hakim yang mengabulkan poligami yang didasarkan iktikad baik pemohon untuk melindungi calon istri kedua yang berstatus janda dan menyantuni anak-anak dari calon istri kedua merupakan mas}lah}ah tah}siniyyah. Selain itu hakim menggunakan kaidah fiqhiyyah “menolak kerusakan itu didahulukan daripada menarik kebaikan”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Oct 2020 02:54
Last Modified: 09 Oct 2020 04:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10851

Actions (login required)

View Item View Item