Analisis Pesan Dakwah Dalam Lirik Lgu "Mengejar Dunia" Karya Nurbayan (Analisis Semiotika Charles Sander Peirce)

Sugianto, Wasis (2020) Analisis Pesan Dakwah Dalam Lirik Lgu "Mengejar Dunia" Karya Nurbayan (Analisis Semiotika Charles Sander Peirce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Wasis Sugianto 211016006.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sugianto, Wasis 2020. Analisis Pesan Dakwah Dalam Lirik Lagu “Mengejar Dunia” Karya Nurbayan(Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce).”Skripsi. fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, Jurusan Komunikasi dan Penyiaraan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, pembimbing Asna Istya Marwantika M.Kom.I.

Kata kunci : Pesan Dakwah, lirik lagu Mengejar Dunia, Semiotika Charles Sander Peirce
Syair/ lirik adalah Dakwah melalui lirik lagu mengejar dunia karya Nurbayan sangat di gemari oleh kalangan masyarakat. Karena cara penyampaian dakwah yang bernuansa religious serta penyampaianya dengan Bahasa yang mudah dipahami dan di mengerti oleh mad,u serta lagunya yang enak di dengar. Dalam musik karya karya Nurbayan yang sebelumnya beraliran music dangdut, Koplo yang memakai Bahasa jawa dalam liriknya. Dengan adanya lagu yang bernuansa religius dengan judul Mengejar Dunia ini dapat menyampaikan pesan yang menarik para mad,u yang mendengarkan,

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pesan dakwah dalam lirik lagu Mengejar Dunia yang diciptakan oleh Nurbayan, lag termasuk kelompok komunikasi massa yang mengandung aspek hiburan serta aspek edukasi , selain sebagai hiburan didalam lagu tentunya mengandung pesan yang dapat mempresentasikan pesan dakwah dalam kehidupan sehari-hari.Oleh karena tu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pesan dakwah dalam lirik lagu. Penelitian ini adalah “Analisis Pesan Dakwah Dalam Lirik Lagu “Mengejar Dunia” Karya Nurbayan (Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce)”.

Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif. Sebagai alat analisis dalam penelitian ini, penulis mengunakan teori Semiotik Charles Sanders Pairce yakitu segitiga makna, dimana peneliti menganalisis pesan dakwah yang ada dalam lirik lagu Mengejar Dunia. Pesan dakwah terbagi menjadi pesan Aqidah, pesan syariah dan pesan akhlak.

Hasil penelitian menunjukan bahwa lirik lagu Mengejar Dunia mengandung pesan dakwah sebagai berikut: Pesan akidah yang mempunyai indikasi keyakinan pada tuhan. Yang menjelaskan tentang hal hal yang kecil, mengingatkan kehidupan dunia, mengingatkan kehidupan di akhirat keimanan Pesan syariahketaataan terhadap tuhan, mengerjakan atau dijalankan untuk mendapat ridho Allah SWT . Pesan akhlak perilaku yang dimiliki manusia. Baik terpuji, tercela iman yang kuat, berprasangka baik, ajakan berbuat dosa, rajin beribadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Sep 2020 05:15
Last Modified: 07 Sep 2020 05:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10817

Actions (login required)

View Item View Item