pengaruh pengetahuan, promosi dan karakteristik marketing syariah terhadap minat masyarakat menabung di bri syariah kcp ngronggo kediri

Astari, Yuli (2020) pengaruh pengetahuan, promosi dan karakteristik marketing syariah terhadap minat masyarakat menabung di bri syariah kcp ngronggo kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Yuli Astari 210816021. A.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Astari, Yuli. 2020. Pengaruh Pengetahuan, Promosi dan Karakteristik Marketing
Syariah Terhadap Minat Masyarakat Menabung di BRI Syariah KCP
Ngronggo Kediri. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing
Maulida Nurhidayati, M. Si.

Kata Kunci: Produk, Publisitas, Sikap, Keputusan Pembelian.

Kurangnya minat masyarakat untuk menabung di BRI Syariah karena
sebagian besar belum mengetahui tentang BRI Syariah. Pengetahuan masyarakat
atau calon nasabah tentang bank syariah akan didapatkan salah satunya dengan
melakukan promosi. Dalam kegiatan promosi seorang marketing juga harus
menerapkan karakteristik marketing syariah, karena merupakan salah satu
penilaian calon nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pengetahuan terhadap minat masyarakat menabung di BRI Syariah KCP
Ngronggo Kediri, promosi terhadap minat masyarakat menabung di BRI Syariah
KCP Ngronggo Kediri, karakteristik marketing syariah terhadap minat masyarakat
menabung di BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri, serta pengetahuan, promosi dan
karakteristik marketing syariah secara simultan terhadap minat masyarakat
menabung di BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari pengetahuan (X1), promosi
(X2), karakteristik marketing syariah (X3) sebagai variabel independen, dan minat
masyarakat menabung (Y) sebagai variabel dependen. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Jumlah sampel yang digunakan 100 responden, yaitu
masyarakat yang belum menjadi nasabah di BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri.
Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Dari analisis data ditemukan dapat disimpulkan bahwa 1) Variabel
pengetahuan berpengaruh terhadap minat masyarakat menabung di BRI Syariah
KCP Ngronggo Kediri dengan signifikansi uji t sebesar 0,000 < 0,05, 2) Variabel
promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat menabung di BRI Syariah KCP
Ngronggo Kediri dengan signifikansi uji t sebesar 0,000 < 0,05, 3) Variabel
karakteristik marketing syariah berpengaruh terhadap minat masyarakat
menabung di BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri dengan signifikansi uji t sebesar
0,000 < 0,05, 4) Variabel pengetahuan, promosi dan karakteristik marketing
syariah berpengaruh secara simultan minat masyarakat menabung di BRI Syariah
KCP Ngronggo Kediri dengan signifikansi uji F 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Aug 2020 04:40
Last Modified: 10 Aug 2020 04:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10781

Actions (login required)

View Item View Item