Pelaksanaan Penimbangan Barang Dalam Jual Beli Perspektif Etika Bisnis (Studi Di Pasar Pulung Kecamatan Pulung Ponorogo)

Triana, Heni Dwi (2020) Pelaksanaan Penimbangan Barang Dalam Jual Beli Perspektif Etika Bisnis (Studi Di Pasar Pulung Kecamatan Pulung Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Heni Dwi Triana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Triana, Heni Dwi.Pelaksanaan Penimbangan Barang dalam
Jual Beli Perspektif Etika Bisnis (Studi di Pasar Pulung Kecamatan Pulung
Ponorogo). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi
Syariah. IAIN Ponorogo 2020.
Kata kunci: Perilaku Pedagang, timbangan, etika bisnis Islam
Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk
melakukan sebuah transaksi. Di dalam pasar dan kegiatan yang dilakukan antara
penjual dan pembeli pasti tidak akan terlepas dari timbangan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja jenis-jenis timbangan di
pasar Pulung Kecamatan Pulung, bagaimana proses pelaksanaan penimbangan oleh
pedagang di pasar Pulung Kecamatan Pulung, dan bagaimana dampak yang di
rasakan warga pasar akibat proses penimbangan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Data primer
dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis
data yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan 1).Jenis-jenis
timbangan mdi pasar Pulung Kecamatan Pulung adalah timbangan kodok, timbangan
duduk dan timbangan digital. 2). Proses pelaksanaan penimbangan oleh pedagang di
pasar Pulung Kecamatan Pulung Kecamatan Pulung adalah sebagian besar pedagang
yang ada di pasar kurang memahami dan bahkan tidak tahu mengenai timbangan
yang benar dalam etika bisnis perspektif Islam, para pedagang tersebut hanya
memikirkan keuntungan saja dan mengesampingkan etika sehingga mengabaikkan
tanggungjawab sebagai pedagang dan merugikkan para pembeli. 3). Dampak yang di
rasakan warga pasar akibat proses penimbangan adalah pembeli merasa tidak percaya
kepada pedagang yang ada di pasar karena pembeli merasa didzalimi dan dicurangi
terutama dalam hal menimbang dan pembeli merasa cemas karena masih banyak
ditemui pedagang yang berbuat curang dalam hal menimbang, yaitu dengan cara
mengurangi timbangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:48
Last Modified: 14 Jul 2020 04:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10751

Actions (login required)

View Item View Item