Anak Mbarep dalam Struktur Keluarga Jawa (Studi Kasus di Desa Ngrukem Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo)

Tri Astuti, Ruli (2020) Anak Mbarep dalam Struktur Keluarga Jawa (Studi Kasus di Desa Ngrukem Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tesis_Ruli_Ahwal syakhsiyyah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Anak mbarep dalam struktur keluarga Jawa mempunyai peranan penting dalam tatanan sosial Desa Ngrukem. Di mana peran anak mbarep lebih mendominasi dalam sebuah sistem keluarga dibanding dengan posisi anak yang lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman, perihal kasih sayang orang tua ke anak menjadi terbalik karena keanekaragaman faktor yang mempengaruhi orang tua salah satunya adalah kondisi ekonomi. Dampaknya tidak semua orang tua mampu mengasuh dan mendidik anaknya dengan baik, sehingga orang tua tak jarang harus membiarkan atau bahkan meminta anak turut serta membantu perekonomian keluarga. Kondisi ekonomi keluarga yang dikategorikan menengah kebawah dan kondisi sumber daya manusia orang tua yang rendah mengharuskan anak mbarep untuk turut serta membantu keluarga. Menurut kebiasaan masyarakat setempat anak mbarep wakil wong tuo tak jarang menuntut mereka harus bersikap njowoni (sadar dengan sendirinya tanpa disuruh).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran anak mbarep dalam struktur keluarga pada masyarakat Desa Ngrukem Kecamatan Mlarak, bagaimana Fungsi dan Disfungsi anak mbarep dalam struktur keluarga masyarakat Desa Ngrukem dan bagaimana struktur keluarga dengan fungsi dan disfungsi anak mbarep dalam struktur keluarga Jawa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Berdasarkan jenisnya termasuk penelitian penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan interview. Teknik Analisis data diawali dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi kejujuran peneliti dan teknik diskusi. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori keluarga dan teori Struktural Fungsional.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa anak mbarep dalam struktur keluarga Jawa di Desa Ngrukem melaksanakan peran sosial sebagai wakil wong tua, menjaga adik-adiknya, dan mengajarkan nilai yang baik untuk adiknya, dalam peran ekonomi mereka membantu orang tua. Dalam menjalankan peran ini ada yang 3 anak yang mengalami fungsi dengan baik yaitu dapat menjalankan perannya sebagai pelajar dan melanjutkan sekolah, dan ada 3 anak yang mengalaami disfungsi dikarenakan karena perannya serta tidak ada sikap fleksibel dari keluarga tidak dapat melanjutkan pendidikannya. Struktur keluarga dengan fungsi dan disfungsi, anak yang mengalami fungsi dengan baik tidak terjadi konflik apapun di dalam struktur keluarganya. Sedangkan anak yang mengalami disfungsi pada awalnya terjadi penolakan dari sang anak, akan tetapi karena adanya proses adaptasi akhirnya mampu menerima keadaan walaupun ada satu fungsi yang mengalami malfungsi yaitu fungsi pendidikan bagi sang anak.
Kata Kunci : Anak Mbarep, Struktur Keluarga, Jawa.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:39
Last Modified: 23 Jun 2020 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10616

Actions (login required)

View Item View Item