Manajemen Program Kelas Unggulan Untuk Meningkatkan Citra Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah 1 Kabupaten Madiun)

Utami, Yoga Dwi (2020) Manajemen Program Kelas Unggulan Untuk Meningkatkan Citra Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah 1 Kabupaten Madiun). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Yoga Dwi Utami 212216052.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MANAJEMEN PROGRAM KELAS UNGGULAN UNTUK MENINGKATKAN CITRA MADRASAH
(Studi Kasus di MTsN 1 Kabupaten Madiun)

ABSTRAK

Dunia pendidikan memasuki era global ini dengan segala kelebihan dan tantangannya. Dengan Respon positif akan berimplikasi pada kompetisi ketat antar sekolah, dan memicu adanya upaya kreatif penyelenggara pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolahnya. Pada umumnya, madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam kalah dalam persaingan global ini. Dalam kondisi persaingan yang keras seperti ini, maka peranan citra yang kuat akan semakin penting bagi penyedia jasa dalam memenangkan persaingan. Dalam konteks inilah lembaga pendidikan islam menjalankan strategi-strategi untuk meningkatkan citra madrasah, salah satunya dengan program kelas unggulan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan fungsi manajemen pada program kelas unggulan untuk meningkatkan citra madrasah, (2) Menjelaskan kendala dalam manajemen program kelas unggulan untuk meningkatkan citra madrasah, (3) Menjelaskan implikasi manajemen program kelas unggulan untuk meningkatkan citra madrasah di MTsN 1 Kabupaten Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Dengan prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi: kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, peneliti menghasilkan: (1) Manajemen program kelas unggulan untuk meningkatkan citra madrasah di MTsN 1 Kabupaten Madiun yaitu: Perencanaan (tujuan, program, anggaran). Pengorganisasian (struktur organisasi, pendidik, peserta didik, materi, sarana prasarana, biaya). Pelaksanaan (Sebelum pengajaran, Pengajaran dan Setelah pengajaran). Evaluasi (Formatif, Sumatif, Test dan Non test). (2) Kendala: (a) Perencanaan: Terbatasnya anggaran, Bergantung kepada Iuran orang tua. (b) Pengorganisasian: Belum terwujudnya kurikulum khusus, Pengalokasian jam pembelajaran, Minimnya tenaga pendidik. (c) Pelaksanaan: Adanya pasang-surut, Kres dengan kepentingan-kepentingan lain, Sarana yang tidak cepat terpenuhi, Waktu bimbingan terbatas, Jadwal berbenturan, Musim Ujian, Musim Hujan, Siswa tidak sebanding dengan jumlah guru, dan guru belum maksimal dalam menerapkan pembelajaran berbasis IT. (d) Evaluasi: Adanya perubahan rapor dari manual ke ARD, Tidak semua guru melek IT dan Terbatasnya sarana untuk evaluasi. (3) Implikasi Manajemen Program Kelas Unggulan diantaranya yaitu: Memiliki kualitas yang baik, banyak prestasi, keunggulan dibidang IPTEK dan IMTAQ, sekolah yang bagus, maju dan favorit dan Memiliki sarana untuk mengembangkan kemampuan, bakat dan minat siswa.

MANAGEMENT OF SUPERIOR CLASS PROGRAM TO IMPROVE IMAGE OF MADRASAH
(Case Study in MTsN 1 Madiun Regency)

ABSTRACT

The world of education enters this global era with all its advantages and challenges. A positive response will have implications for increasingly tight competition between schools and trigger the creative efforts of education providers to improve the quality of their schools. In general, madrasah as an Islamic educational institution lost in this global competition. Under conditions of harsh competition like this, the role of a strong image will be increasingly important for service providers in winning competition. It is in this context that Islamic education institutions carry out strategies to improve the image of madrasah, one of which is by superior class programs.
This study aims: (1) To explain the management functions of superior class programs to improve the image of madrasah, (2) To explain the obstacles in the management of superior class programs to improve the image of madrasah, (3) To explain the implications of superior class program management to improve the image of madrasah in MTsN 1 Madiun Regency.
This study uses a qualitative approach and this type of research is a case study. The procedures of collecting data uses: interviews, observation and documentation. An interactive analysis of Miles and Huberman used to analysis of the data, which includes: data reduction activities, data presentation and conclusion.
Based on the process of collecting and analyzing data, researchers produce: (1) Management of a superior class program to improve the image of madrasah in MTsN 1 Madiun Regency, that is: Planning (objectives, programs, budgets). Organizing (organizational structure, educators, students, materials, infrastructure, costs). Implementation (Before teaching, Teaching and After teaching). Evaluation (Formative, Summative, Test and Non-test). (2) obstacles: (a) Planning: Limited budget, Depends on parents' contributions. (b) Organizing: Special curriculum has not yet been realized, Allocation of learning hours, The lack of teaching staff. (c) Implementation: The existence of ups and downs, clash with other importances, facilities that are not quickly met, Limited guidance time, Clash schedule, Test season, Rainy season, Students are not proportional to the number of teachers and teachers have not maximally applied IT based learning. (d) Evaluation: There are changes in report cards from manual to ARD, Not all teachers understand about IT and the limited facilities for evaluation. (3) The Implications of Management of a Superior Class Programs include: Having good quality, many achievements, excellence in science and technology and Faith and piety, good, advanced and favorite schools and Having the facilities to develop students' abilities, talents and interests.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2020 04:23
Last Modified: 22 Jun 2020 04:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10599

Actions (login required)

View Item View Item