pengelolaan retribusi parkir dalam perspektif manajemen sumberdaya islami (studi kasus pasar besar kota madiun)

ummah,, lathifa choiru (2020) pengelolaan retribusi parkir dalam perspektif manajemen sumberdaya islami (studi kasus pasar besar kota madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Lathifah Choiru Ummah keperpustakaan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ummah, Lathifah Choiru. 2020. “Pengelolaan Retribusi Parkir Dalam Perspektif Manajemen Sumberdaya Islami (Studi Kasus Pasar Besar Kota Madiun).” Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Dr. Hj. Ely Masykuroh, M. SI.
Kata Kunci : MSDI, Pengelolaan Retribusi Parkir

Sumber daya manusia merupakan faktor yang paling penting di dalam retribusi parkir. Pengelolaan sumber daya manusia secara profesional dimulai dari proses rekrutmen, seleksi, penempatan kerja, pelatihan, sampai dengan pengembangan karir dan kompensasinya, Islam memberikan perhatian dan pandangan yang sangat mendalam terhadap pengembangan sumber daya manusia. Salah satu faktor suatu perusahaan bisa berkembang adalah adanya manajemen sumber daya manusia yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas akan dapat berpengaruh pada penghasilan dan kemajuan perusahaan tersebut.Tujuan utama penelitian ini untuk menganalisis manajemen sumberdaya Islami pada retribusi parkir di kota Madiun.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis menurut sumber datanya termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya dengan survei, partisipasi, observasi,wawancara atau interview, catatan lapangan (fieldnote), dokumentasi, dan pengalaman personal.Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa retribusi parkir di pasar besar kota Madiun telah menerapkan prinsip manajemen sumberdaya Islami tetapi tidak semuanya sudah menerapkan. Dalam melaksanakan kontrak kerja dinas perdagangan memberikan sebuah pengarahan kepada juru parkir sehingga tidak terjadi sebuah kesalah pahaman terkait kontrak kerja, kompensasi yang diberikan oleh dinas perdagangan yaitu berupa penentuan target yang tidak terlalu tinggi sehingga juru parkir dapat menjangkau target yang telah ditentukan oleh dinas perdagangan kota Madiun. Wanprestasi yang terjadi pada konsumen yaitu tidak menerima bukti parkir yang seharusnya diberikan oleh juru parkir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ely maskuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:44
Last Modified: 18 Jun 2020 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10487

Actions (login required)

View Item View Item