Efektivitas Pengelolaan Program Keluarga Harapan (PKH) Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Pada Keluarga Penerima Manfaat Di Ponorogo

Yuliani, Monika (2020) Efektivitas Pengelolaan Program Keluarga Harapan (PKH) Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Pada Keluarga Penerima Manfaat Di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ethesis skripsi Monika Yuliani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Yuliani, Monika. Efektivitas Pengelolaan Program Keluarga Harapan (PKH) Untuk Peningkatan Kesejahteraan masyarakat Miskin Pada keluarga Penerima Manfaat di Ponorogo.Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ika Susilawati, S.E., M.M.
kata kunci: Efektivitas, Pengelolaan Program Keluarga Harapan (PKH), Kesejahteraan Masyarakat.
Kesejahteraan merupakan alat ukur untuk melihat tingkat kemiskinan disuatu negara. Pada tahun 2007 pemerintah telah melaksanakan program bantuan tunai bersyarat yang dikenal dengan Program Keluarga Harapan (PKH).Salah satu tujuan PKH adalah untuk meningkatkan taraf hidup keluara penerima manfaat (KPM). Permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam skripsi ini adalah bagaimana efektivitas pencapaian tujaun pengelolaan Program Keluarga Harapan (PKH), bagaimana efektivitas integrasi dalam pengelolaan PKH di Kabupaten Ponorogo, dan bagaiaman efektivitas adaptasi dalam pengelolaan PKH di Kabupaten Ponorogo.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan analisis data secara induktif.
Berdasarkan hasil temuan data di lapangan, efektivitas pengelolaan PKH yang dikukur dengan menggunakan ukuran efektivitas diantaranya yaitu: pencapaian, integrasi, dan adaptasi. Hanya ukuran adaptasi yang sudah efektif.Sedangkan pencapaian dan integrasi masih belum efektif. Pada ukuran pencapaian dikatakan masih belum tercapai karena target sasaran dalam peneriman anggota PKH masih kurang tepat sasaran dan porses pengelolaan indeksi bantuan pada penerima PKH juga masih belum efektif. Dan pada ukuran integrasi dikatakan belum efektif karena belum adanya penyampaian mengenai keterampilan untuk anggota PKH didalam sosialisasi dengan pendamping PKH. Dilihat dari perspektif ekonomi Islam, menurut 4 prinsip dalam manajemen Islam yaitu: prinsip keseimbangan, prinsip kemanfaatan, prinsip tidak boros, dan prinsip berlaku adil. Berdasarkan data lapangan, yang sudah terpenuhi yaitu prinsip keseimbangan dan prinsip kemanfaatan. Sedangkan Prinsip tidak boros belum terpenuhi karena penerima bantuan sosial Program Keluarga Sosial (PKH) tidak menggunakan dana bantuan yang didapat dari PKH, selain untuk membeli kebutuhan komponen, penerima PKH menggunakan dana tersebut untuk membeli barang diluar komponen. Dan Prinsip berlaku adil belum terpenuhi karena masih ada masyarakat miskin yang belum mendapatkan manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:04
Last Modified: 16 Jun 2020 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10400

Actions (login required)

View Item View Item