Febrianawati, Lia (2020) Kepemimpinan Kepala Madrasah. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
LIA FEBRIANAWATI_NIM 502180030.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kepemimpinan Kepala Madrasah
ABSTRAK
Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah
Kepala Madrasah dalam suatu lembaga pendidikan merupakan seorang pemimpin. Dalam menjalankan tugasnya seorang kepala madrasah tidak hanya bertugas untuk memajukan sekolah saja tetapi warga Madrasah yang didalamnya juga harus diutamakan, apalagi dari segi pendekatan, tipe, gaya, model yang digunakan. Ini sangat penting untuk kemajuan Madrasah. Tujuan Penulisan yaitu Untuk menjelaskan Pendekatan Kepemimpinan Kepala Madrasah Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Simo. Untuk menjelaskan Tipe Kepemimpinan Kepala Madrasah Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Simo, Untuk menjelaskan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Simo, Untuk menjelaskan Model Kepemimpinan Kepala Madrasah Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Simo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kemudian teknik analisis data penulis mengunakan penggabungan antara Analisis Data Model Interaktif Antara Model Matthew B. Miles And A. Michael. Huberman Dan Model James P. Spradley yaitu mengunakan langkah Selecting a social situation, participant observatio, Making an ethnographic record, Making descriptive observation, dan Making a domain analysis. Kesimpulan dari penulisan ini yaitu: 1) Pendekatan kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Simo, yaitu dengan mengunakan pendekatan perilaku. Hal ini terbukti beliau selalu berangkat pagi, selalu disiplin, selalu bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas, menjadi tauladan yang baik untuk para guru-guru, mempunyai semangat yang tinggi, dan mengontrol guru yang belum hadir dengan cara berkeliling kekelas sambil mengecek jurnal pembelajaran sudah diisi apa belum, memberikan reward kepada guru yang berprestasi. Beliau juga mendapat jam mengajar di kelas.2) Tipe kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Simo yaitu tipe demokratis. Hal ini terbukti beliau lebih terbuka dengan guru, senang menerima saran dan kritik dari bawahan, juga selalu menerima usulan dari guru-guru ketika rapat, lebih terbuka dalam berbagai masalah juga, dan menyelesaikan suatu masalah selalu bersama dengan bawahan. 3) Gaya kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Simo, yaitu gaya melibatkan diri. Hal ini terbukti Kepala madrasah dan guru menyelesaikan atau mengambil keputusan dengan bersama-sama. Setiap ada masalah diselesaikan dengan melakukan musyawarah. Selalu membimbing guru apabila salah dalam menjalankan tugas. Selalu mengingatkan guru ketika tidak disiplin atau mungkin melakukan kesalahan. Dan selalu terlibat dalam setiap kegiatan, tidak hanya mengecek tetapi ikut serta dalam kegiatan. 4) Model kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Simo yaitu model partisipatif. Hal ini terbukti Kepala madrasah sangat terbuka kepada guru dalam menyelesaikan suatu permasalahan, Selalu melibatkan guru dalam menyelesaikan permasalahan, Memberikan kesempatan dan mendorong kepada guru untuk mengeluarkan pendapatnya dalam menyelesaikan masalah, dan kepala madrasah mengambil keputusan selalu atas kesepakatan bersama dengan guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Basuki |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 04:00 |
Last Modified: | 12 Jun 2020 04:05 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10295 |
Actions (login required)
View Item |