Habibi, Mukhlas (2020) Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar PAI kelas X IPS SMA N 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/202. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
eThesis_SKRIPSI_21036019_MUKHLAS HABIBI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Habibi, Mukhlas. 2020. Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar PAI siswa kelas X IPS SMA N 2 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata kunci: Kecerdasan Interpersonal Guru, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran PAI
Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa dari kegiatan yang telah dilakukan dan diciptakan dalam bentuk angka, simbol, huruf, dan kalimat yang dapat mencerminkan hasil pencapaiannya, yang dapat menghasilkan perubahan dalam bidang pengetahuan,pemahaman, penerapan, dan evaluasi. Namun sayangnya di SMA N 2 Ponorogo, khususnya kelas X IPS prestasi belajarnya masih rendah hal ini ditunjukkan oleh hasil obervasi yang dilakukan. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa seperti motivasi belajar siswa, kecerdasan siswa, dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa, seperti kecerdasan interpersonal guru dan lingkungan keluarga. Kecerdasan interpersonal guru mempengaruhi prestasi belajar siswa, karena didalam interaksi yang terjadi antara guru dan siswa membutuhkan suatu keterampilan supaya siswa mudah menerima dan melaksanakan intruksi guru. Lingkungan keluarga juga mempengaruhi prestasi belajar siswa karena lingkungan keluarga merupakan lingkungan yang pertama kali dikenal siswa, serta siswa lebih banyak menghabiskan waktunya disana.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah 1)Untuk mengetahui apakah kecerdasan interpersonal guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas X jurusan IPS di SMA N 2 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020 2) Untuk mengetahui apakah lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas X jurusan IPS di SMA N 2 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020 3) Untuk mengetahuiapakah kecerdasan interpersonal guru dan lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas X jurusan IPS di SMA N 2 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifatasosiatif. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sejumlah 68 sampel. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Kecerdasan interpersonal guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X IPS SMA N 2 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020 sebesar 23,5 % dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 (<0,05); 2) Lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadapprestasi belajar PAI siswa kelas X IPS SMA N 2 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020 sebesar 28,2 % dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 (<0,05); 3) Kecerdasan interpersonal guru dan lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X IPS SMA N 2 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020 sebesar 37,4 %. dengan nilai signifikasi 0,000 (< 0,05)
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Andhita Dessy Wulansari |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 03:38 |
Last Modified: | 12 Jun 2020 03:47 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10294 |
Actions (login required)
View Item |