strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan perkembangan usaha di alina fotokopi ponorogo

Haqi, Masna Munadiya (2020) strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan perkembangan usaha di alina fotokopi ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Masna Munadiya Haqi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Haqi, Masna Munadiya. Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Usaha di Alina Fotokopi Ponorogo Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Aji Damanuri, M.E.I

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Jumlah Konsumen, Pendapatan

Pemasaran adalah salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usaha yang dijalankannya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan keuntungan. Perusahaan merupakan ujung tombak perusahaan, berhasil atau tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung pada keahlian pengusaha di bidang pemasaran, produksi, penjualan dan keuangan. Strategi pemasaran yang dapat dipilih oleh perusahaan yang menerapkan strategi produk diferensiasi agarsenantiasa memiliki volume penjualan dan pendapatan yang tinggi dan memiliki keunggulan bersaing di pasar harus mampu mengharmonisasikan unsur-unsur marketing mix, diantaranya produk, harga, lokasi, dan promosi. Penelitian ini akan berfokus pada bagaimana strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan perkembangan usaha yang meliputi jumlah konsumen dan pendapatan di Alina Fotokopi Ponorogo.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penulis menganalisis data dengan cara mengimplementasikan semua data berupa gambaran dan penjelasan keseluruhan objek yang diteliti mengenai segala aspek yang ada dalam Alina Fotokopi Ponorogo dengan cara menguraikan pokok bahasan yang diteliti yaitu strategi bauran pemasaran. Penelitian dilakukan di Alina Fotokopi Ponorogo yang beralamat di Jalan Pramuka No. 148 Ronowijayan Ponorogo.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Alina Fotokopi Ponorogo membaurkan elemen-elemen dalam pemasaran yang ditekankan pada 4P sebagai strategi dalam menghadapi persaingan. Product (Produk) di Alina Fotokopi Ponorogo berupa hasil print, fotokopi, jilid, scan, dan lainnya. Price (harga) yang ditawarkan terjangkau bagi konsumen. Place (tempat) memiliki lokasi yang sangat strataegis yaitu paling dekat dengan kampus dibandingkan perusahaan lain. Promotion (promosi) yang dilakukan cukup tepat dengan brosur, promosi langsung dan melalui media sosial. Strategi tersebut telah berhasil meningkatkan jumlah konsumen. Terbukti dari data jumlah konsumen di Alina Fotokopi Ponorogo setiap bulannya pada bulan Juli-Desember tahun 2019 meningkat.Penerapan bauran pemasaran yang diterapkan Alina Fotokopi Ponorogo, secara keseluruhan telah berhasil meningkatkan jumlah konsumen dan berdampak pada meningkatnya pendapatan. Terbukti setiap bulannya jumlah pendapatan pada bulan Juli sampai dengan bulan Desember tahun 2019 terus meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: aji damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:41
Last Modified: 12 Jun 2020 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10266

Actions (login required)

View Item View Item