Ulfa, Lu'luatul Agfin Udina (2020) Analisis Marketing Syariah dan SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Pada PT.Multi Istana Batara Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Skripsi Luluagfin Ethesis.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ulfa, Lu’luatul Agfin Udina. 2020.“ Analisis Marketing Syariah terhadap
Strategi Pemasaran pada PT. Multi Istana Batara Ponorogo.” Skripsi Jurusan
Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Unun Roudlotul Jannah M.Ag.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Marketing Syariah, Analisis SWOT
Strategi pemasaran merupakan suatu wujud rencana yang terurai di
bidangpemasaran. Untuk memperoleh hasil yang optimal. PT. Multi Istana Batra
merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang property yaitu perumahan,
dimana perusahaan ini memilii keunikan yaitu mulai dari akad perjanjian dan
sistematika pembayaran yang menggunakan sistem syariah dimana tidak ada
denda, sita, agunan. Sehingga tidak mudah untuk melakukan pemasaran produk
ini di bandingkan dengan produk perumahan pada umumnya, dalm 3 tahun
terakhir penjualan perumahan mengalami ketidak stabilan bahkan cenderung
menurun oleh karena itu peneliti menganalisi dengan menggunakan 2 teori yaitu
teori maketing syariah dimana dalam Islam terdapat sebuah teori pemasaran yang
sesuai dengan kaidah islam dengan tujuan untuk mencapai kemaslahatan kepada
semua pihak, dan teori analisis SWOT, tujuan utama penelitian ini untuk
menganalisis marketing syariah terhadap strategi pemasaran pada PT.Multi Istana
Batara dan juga menganalisis dengan metode SWOT kekuatan ( strenght)
kelemahan ( weakness) Peluang (Opportunity)Threats (ancaman) terhadap
strategi pemasaran pada PT. Multi Istana Batara. Metode ini digunakan untuk
mengetahui posisi kekuatan, kelemahan peluang dan ancaman pada perusahaan
PT. Multi Istana Bataradengan menentukan bobot faktor eksternal dan internal
dan menggunakan matrik SWOT
Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis menurut sumber datanya
termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya
dengan survei, partisipasi, observasi,wawancara atau interview, catatan lapangan
(fieldnote), dokumentasi, dan pengalaman personal.Sedangkan teknik analisis
datanya menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT.Multi Istana Batara telah
melakukan strategi pemasaran dengan benar meskipun tanpa ada target penjualan
per unit. Dalam analisis marketing syariah terhadap strategi pemasaran yang
dilakukan oleh PT.Multi Istana Batara telah sesuai dengan kaidah dan syariat
sehingga perusahaan telah memenangkan market share, mind sharedan heart
share yang berarti mampu menguasai pasar. Sedangkan dalam analis SWOT
perusahaan berada dalam posisi kuat yang berarti mampu mengatasi kelemahan
dengan memanfaatkan kekuatan serta dapat menghindari ancaman dengan
memaksimalkan peluang namun bukan berarti perusahaan mengabaikan ancaman
dari luar dan tidak meningkatkan atau memperbaiki kelemahan agar perusahaan
dapat tumbuh dan semakin berkembang setiap tahunnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Unun Roudlotul Janah |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 02:55 |
Last Modified: | 12 Jun 2020 02:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10248 |
Actions (login required)
View Item |