Komunikasi non verbal Kyai dan Santri dalam Sorogan Al Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hasan)

Masruroh, Sofa Binti (2020) Komunikasi non verbal Kyai dan Santri dalam Sorogan Al Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hasan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi sofa binti masruroh.pdf

Download (890kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Masruroh, Sofa Binti, 2020. “Komunikasi non verbal Kyai dan Santri dalam Sorogan Al Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hasan)”.Skripsi. Fakultas Ushuludin,Adab dan Dakwah, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Ahmad Faruk, M, Fil.I.
Kata Kunci : Komunikasi Non Verbal dan Sorogan Al Qur’an.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa dalam sorogan Al Qur’an tidak hanya dapat dinilai dari komunikasi verbal saja akan tetapi juga dapat dinilai dari komunikasi non verbalnya. Komunikasi non verbal merupakan komunikasi yang dimana pesan tidak disampaikan menggunakan kata-kata, melainkan menggunakan bahasa isyarat, gerak tubuh, atau ekspresi wajah selain itu juga dapat dilihat dari penggunaan objek seperti pakaian, ruangan, dan simbol-simbol. Sementara itu menurut teori komunikasi non verbal terdiri atas klasifikasi, fungsi, dan bentuk-bentuk komunikasi non verbal. Oleh karena itu penelitian ini akan memusatkan pada bentuk-bentuk dan fungsi komunikasi non verbal yang diterapkan Kyai dan Santri dalam sorogan Al Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hasan. Karena itu penulis merumuskan masalah penelitian ini dan bertujuan hendak mengetahui (1) bentuk-bentuk komunikasi non verbal Kyai dan Santri dalam Sorogan Al Qur’an (2) fungsi komunikasi non verbal Kyai dan Santri dalam Sorogan Al Qur’an.
Dalam penelitian, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan analisis bentuk-bentuk dan fungsi komunikasi non verbal.
Dari hasil pembahasan penulis menyimpulkan bahwa : (1) Bentuk komunikasi non verbal Kyai dan Santri dalam Sorogan Al Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hasan yaitu dengan beberapa bentuk diantaranya bentuk komunikasi visual, komunikasi sentuhan, komunikasi penamilan, dan komunikasi lingkungan. (2) Fungsi komunikasi non verbal Kyai dan Santri dalam Sorogan Al Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hasan yaitu ada beberapa fungsi diantaranya repetisi, subtitusi, aksensuasi, ilustrator, affect display.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Faruk
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2020 02:28
Last Modified: 10 Jun 2020 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10118

Actions (login required)

View Item View Item