Tinjauan 'Urf Terhadap Adat Larangan Nikah Dan Ruwatannya Di Desa Jatigunung Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan

Rouf, Muhammad Abdul (2020) Tinjauan 'Urf Terhadap Adat Larangan Nikah Dan Ruwatannya Di Desa Jatigunung Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ MUHAMMAD ABDUL ROUF_210116025.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Abdul Rouf, Muhammad,2020.Tinjauan ‘Urf Terhadap Adat Larangan Nikah dan Ruwatanya Di Desa Jatigunung Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Skripsi.JurusanHukumKeluarga Islam FakultasSyariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.PembimbingDr. H.Moh.Munir, Lc.,M.Ag

Kata Kunci :Pernikahan,'urf, Adat,Ruwatan larangan nikah
Setiap daerah dalam mengatur pernikahan tentunya ada perbedaan. Perbedaan itu tentunya dengan tujuan yang sama yakni supaya menghindari kemafsadatan dan memperoleh kemashlahatan. Akan tetapi yang perlu digaris bawahisuatu perbuatan dalam rangka menghindari kemafsadatan dan memperoleh kemashlahatan itu tadi bertentangan dengan hukum islam atau tidak.
Di Desa Jatigunung dalam mengatur Pernikahansangatlah menekan akan ajaran dan adat nenek moyang terdahulu, yang mana setiap sepasang pria dan wanita yang sudah yang berketepatan hati a pernikahan apabila dilarang oleh adat maka tidak boleh dilakukan pernikahan tersebut, apabila tetap ingin melaksanakan maka diharuskan melaksanakan Ruwatannya. Berlakunya peraturan tersebut dengan tujuan agar terhindar dari kesusahan yang diyakini akan menimpanya.
Dengan itu penulis mengambil rumusan masalah pertama Bagaimana tinjauan ‘Urf terhadap bentuk-bentuk larangan menikah di Desa Jatigunung Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan dan yang kedua Bagaimana tinjauan ‘Urf terhadap Ruwatan larangan menikah di Desa Jatigunung Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan.
Untuk memperoleh jawaban dari rumusan masalah tersebut. penulis menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara (interview) dan pengamatan (observation), kemudian dilanjutkan dengan proses editing, diklasifikasikan, kemudian dianalisa.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkanPertamabahwa Larangan Nikah yang terjadi di Desa Jatigunung mempunyai dua hukum, apabila tidak melangsungkan pernikahan karena takut terkena bala’ atau musibah yang terjadi karena menerjang larangan itu tadi, maka masuk kategori‘Urf Fasid. Akan tetapi jika tetap melaksnakan pernikahan yang dilarang tersebut dan juga melakukan ruwatan seseuai saran dari pemandu adat namun semua itu dilakukan hanya karena menghindari fitnah dari masyarakat dan tetap meyakini bahwa semua bala’ ataupun manfaat hanya dari Allah swt. Maka dapat di kategorikan ‘Urf Shahih. Selain itu jenis ‘Urf larangan perkawinan termasuk Kategori 'urf khaas karena ruang lingkupnya di daerah desa jatigunung saja. Kedua Menurut Pandangan 'urf terhadap tradisi ruwatan larangan nikah apabila dilihat dari praktik ruwatan tersebut, tidak ada satupun yang melenceng dari tuntutan Islam. Maka dari itu ruwatan dalam rangka untuk mencegah bahaya yang timbul dari pelaksanaan larangan nikah mempunyai dua hukum. Jika meyakini bahwa dengan adanya ruwatan tadi mendatangkan keselamatan yang bukan dari sisi Allah atau ruwatan ditujukan untuk meredam amarah dari nenek moyang karena melaksanakan pantangan yang diberikan sehingga bisa mendatangkan bahaya maka hukumnya ‘Urf Fasid. ‘Urf Fasid ini lebih kepada Syirik karena menganggap bahwa ada kekuatan lainselain Allah. Akan tetapi jika didasari dalam rangka untuk menghindarkan diri dari fitnah masyarakat dan tetap beranggapan bahwa manfaat dan bahaya yang muncul bukan karena siapa siapa hanya karena Allah maka sikap yang seperti ini dapat dikategorikan ‘Urf Shahih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh.Munir
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2020 04:15
Last Modified: 09 Jun 2020 04:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item View Item