Tinjauan Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Religius Siswa Di MAN 2 Ponorogo

Bakti, Ridho Gumelar (2020) Tinjauan Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Religius Siswa Di MAN 2 Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS UPLOAD-dikonversi.pdf

Download (956kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Bakti, Ridho Gumelar. 2020, Tinjauan Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Pendidikan
Karakter Religius Siswa Di MAN 2 Ponorogo. Tesis. Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.
Iswahyudi, M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen Strategik, Karakter Religius.
Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai
karakter pada peserta didik sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebegai karakter dirinya,
menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat dan warga
negara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif. Salah satu nilai karakter yang penting
diberikan kepada anak didik adalah pendidikan karakter religius. Namun, permasalahan moral dan
akhlak mulai muncul tanpa terkendali. Banyak terjadi peristiwa yang meresahkan di kalangan
siswa seperti tawuran antar geng dan kelompok, membolos sekolah, merusak lingkungan, tindakan
kekerasan, kecanduan narkoba, perkosaan bahkan pembunuhan. Hal ini mengharuskan lembaga
sekolah memilih manajemen strategi yang tepat dalam mengembangkan pendidikan karakter di
sekolah, terlebih lagi dalam bidang pengembangan pendidikan karakter religius sehingga tujuan
sekolah dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan
dalam rangka untuk mengetahui lebih jauh strategi-strategi sekolah dalam pmengembangkan
pendidikan karakter religius siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Mengetahui bagaimana strategi
formulasi sekolah dalam pengembangan pendidikan karakter religius siswa di MAN 2 Ponorogo.
(2) Mengetahui bagaimana strategi implementasi formulasi sekolah dalam pengembangan
pendidikan karakter religius siswa di MAN 2 Ponorogo.
Untuk mengungkapkan hasil tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam
pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun
analisis data, peneliti menggunakan interaksi interaktif yang meliputi reduksi data, display data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwasanya: (1) a) MAN 2 Ponorogo memiliki visi
(Religius, Unggul, Berbudaya dan Integritas). b) Strategi MAN 2 Ponorogo dalam
mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal adalah dengan menggunakan teori tiga level,
yaitu Task environment, industy/organization environment dan macro environment. c) Tujuan dan
sasaran MAN 2 Ponorogo yaitu SMART yaitu Specific, Measurable, Attainable. Responsible, Time
frame. d) Analisis SWOT di MAN 2 Ponorogo, yaitu Strategi Competition (S-O) dan Strategi
Invesment/divesment (W-O), sedangkan untuk Strategi Mobilization (S-T) dan Strategi Damage
Control (W-T) tidak digunakan karena sekolah tidak mempunyai ancaman atau pesaing. (2) a)
Kebijakan-kebijakan di MAN 2 Ponorogo diantaranya adalah pertama membuat suatu
ekstrakurikuler di bidang religius yaitu Majelis Ta’lim, kedua pelajaran mulok yang berisi
pengajian kitab kuning yang disesuaikan dengan tingkatan kelas masing-masing, ketiga
membangun sebuah ma’had yang mempunyai beberapa program khusus diantaranya adalah
pengajian kitab kuning, program tahfidz qur’an dan ada pendalam bahasa asing. b) Motivasi
diberikan kepada para guru dan tenaga kependidikan diantaranya adalah pertama diberikan ketika
upacara bendera atau ketika ada rapat dinas bersama dengan para guru dan karyawan, kedua
outbond, ketiga penghargaan bagi guru berprestasi, guru teladan, guru disiplin dan guru produktif.
Selain itu motivasi juga diberikan kepada siswa dengan cara pertama kegiatan Motivasi and
Parenting, kedua beasiswa diberikan kepada siswa-siswi yang berprestasi dalam mengikuti
perlombaan dan bagi mereka yang sudah menghafal alqur’an. c) Sumber daya sekolah diantaranya
ma’had baik putra maupun putri, masjid, buku daftar setoran hafalan siswa, kitab-kitab klasik yang
diajarkan di kelas, hadrah albanjari.
Bakti, Ridho Gumelar. 2020, Review of Strategic Management in the Development of Students'
Religious Character Education at MAN 2 Ponorogo. Thesis. Islamic Education Institute
of Religion Management Study Program (IAIN) Ponorogo. Mentor Dr. Iswahyudi,
M.Ag.
Keywords: Strategic Management, Religious Character.
Character education is interpreted as education that develops character values in students
so that they have values and characters as personal characteristics, apply these values in his life, as
members of the community and citizens who are religious, nationalist, productive and creative.
One of the important character values given to students is religious character education. However,
problems of moral and character began to emerge uncontrollably. Many events are troubling
among students as fighting between gangs and groups, from school, destroying the environment,
violence, drug addiction, rape and even murder. This requires school institutions to choose the
right management strategy in developing character education in schools, moreover in the field of
developing religious character education so that school goals can be achieved effectively and
efficiently. Based on this the study was conducted in order to find out more about school strategies
in developing students' religious character education.
The purpose of this study is to find out (1) Knowing how the school formulation strategy
is in developing the religious character education of students at MAN 2 Ponorogo. (2) Knowing
how the strategy of implementing school formulation in the development of religious character
education of students at MAN 2 Ponorogo.
To express these results the researchers used a qualitative approach. In collecting data,
researchers used interview, observation and documentation methods. The analysis of the data,
researcher use interactive interactions that include data reduction, data display and conclusion.
The results of data analysis show that: (1) a) MAN 2 Ponorogo has a vision (Religious,
Excellent, Cultured and Integrity). b) Strategy MAN 2 Ponorogo in identifying the internal and
external environment is to use the theory of three levels, namely the Task environment, industy /
organization environment and macro environment. c) The objectives and targets of MAN 2
Ponorogo are SMART namely Specific, Measurable, Attainable. Responsible, time frame. d)
SWOT Analysis in MAN 2 Ponorogo, namely Competition Strategy (S-O) and Investment /
Divesment Strategy (W-O), while for Mobilization Strategy (S-T) and Damage Control Strategy
(W-T) are not used because schools do not have threats or competitors. (2) a) Policies in MAN 2
Ponorogo include the first making an extracurricular in the religious field, namely is Majelis
Ta’lim, the second is mulok lessons containing the study of the arabic classic books that is
adjusted to the level of each class, thirdly build a ma'had which has several special programs
including the arabic classic books recitation, the program of tahfidz quran, and there are foreign
language professors. b) Motivations is given to teachers and education personnel including the first
given when the flag ceremony or when there are official meetings with the teachers and
employees, the second is outbond, third award for outstanding teachers, model teachers, discipline
teachers and productive teachers. Besides motivation is also given to students by way of the first
activities of motivation and Parenting, both scholarships are given to students who excel in
participating in competitions and for those who have memorized the Qur’an. c) School resources
including both male and female boarding school, a mosque, a book deposit rote list of students, the
arabian classic books are taught in the classroom, hadrah Al-banjari.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:47
Last Modified: 08 Jun 2020 04:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10040

Actions (login required)

View Item View Item