Safitri, Lia (2020) Pengaruh Dukungan Keluarga Dan Kenyamanan Lingkungan Sekolah Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas V SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI LIA SAFITRI- 210616037.pdf Download (826kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dukungan keluarga berupa sikap, tindakan dan penerimaan terhadap tiap-tiap anggota keluarga yang berupa dukungan penilaian, instrumental, informasional dan emosional dapat mempengaruhi keyakinan diri (efikasi diri) dalam menyelesaikan tugas dan lingkungan sekolah yang kondusif akan membuat siswa merasa nyaman dalam meningkatkan semangat belajar serta keyakinan diri untuk berprestasi. Penelitian ini berupaya melihat pengaruh dukungan keluarga dan kenyamanan lingkungan sekolah terhadap efikasi diri siswa kelas V SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. Berangkat dari latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap efikasi diri siswa, untuk mengetahui pengaruh kenyamanan lingkungan sekolah terhadap efikasi diri siswa, untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga dan kenyamanan lingkungan sekolah terhadap efikasi diri siswa kelas V SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex-post facto. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan seluruh siswa kelas V SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara dukungan keluarga terhadap efikasi diri siswa kelas V SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. Dimana F hitung 19,632 > F tabel 4,20 dengan presentase pengaruh sebesar 41,2% sedangkan 58,8% dipengaruhi oleh faktor lain. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kenyamanan lingkungan sekolah terhadap efikasi diri siswa kelas V SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. Dimana F hitung 7,158 > F tabel 4,20 dengan presentase pengaruh sebesar 20,4% sedangkan 79,6% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara dukungan keluarga dan kenyamanan lingkungan sekolah terhadap efikasi diri siswa kelas V SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. Dimana F hitung 9,867 > F tabel 3,35 dengan presentase pengaruh sebesar 42,2% sedangkan 57,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Moh. Miftachul Choiri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 08 Jun 2020 04:41 |
Last Modified: | 08 Jun 2020 04:41 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10019 |
Actions (login required)
View Item |