self regulation santri penghafal al-qur’an (studi kasus di pondok pesantren tahfidzul qur’an al-hasan patihan wetan babadan ponorogo)

rotama, ahmad khoirul (2020) self regulation santri penghafal al-qur’an (studi kasus di pondok pesantren tahfidzul qur’an al-hasan patihan wetan babadan ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
AHMAD KHOIRUL ROTAMA (210316420).pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

Ahmad Chairul Rotama (2020.) Self regulation santri penghafal al-qur’an (studi kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo) Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Insitut Agama Islam Negri(IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag.

Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an, Santri, Regulasi diri
Menghafal al-Qur’an adalah aktivitas kegiatan yang membutuhkan waktu, tenaga, dan bahkan dana dalam menjalankan prosesnya. Fenomena yang terjadi dalam proses menghafal yaitu banyak para santri tahfidzul Qur’an tidak hanya mengikuti proses belajar mengajar di pendidikan formal akan tetapi juga melaksanakan kewajiban di Pondok Pesantren. Hal ini tidaklah mudah dilakukan bagi santri dalam membagi waktu untuk melaksanakan antara kewajiban sekolah dan Pondok Pesantren. oleh karena itu regulasi diri santri penghafal al-Qur’an sangatlah penting dimiliki para santri tahfidzul Qur’an, dengan adanya regulasi diri yang dimiliki para santri penghafal al-Qur’an mampu melaksanakan dan menjalani kewajiban kuliah dan mampu menjaga hafalan serta bisa melaksanakan kewajiban Pondok Pesantren. Fenomena ini memotivasi untuk meneliti regulasi santri penghafal al-Qur’an.
penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana regulasi diri santri penghafal al- Qur’an intrapersonal (individu), interpersonal (Sosial) dan metapersonal (spiritual) yang dimiliki santri penghafal al-Qur’an di Pondok tahfidzul Qur’an Al-Hasan.Untuk mengungkap regulasi santri penghafal al-Qur’an di Pondok tahfidzul Qur’an Al-Hasan tersebut maka dibuat tiga rumusan masalah yaitu 1) bagaimanakah regulasi diri intrapersonal santri penghafal al-Qur’an di Pondok Tahfidzul Qur’an Al-Hasan? 2) bagaimanakah regulasi diri interpersonal santri penghafal al-Qur’an di Pondok Tahfidzul Qur’an Al-Hasan? 3) bagaimanakah regulasi diri metapersonal santri penghafal al-Qur’an di Pondok Tahfidul Qur’an Al-Hasan?.
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan Studi Kasus. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan Teknik yang di pilih dalam analisis data adalah reduksi data, displaydata, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa regulasi intrapersonal santri penghafal al- Qur’an diantaranya adalah usaha dalam mengatur jadwal aktifitas sehari-hari untuk meraih target hafalan dan memiliki tujuan yang kuat dalam menghafal al-Qur’an, memelihara dan menemukan motivasi, serta startegi dalam menghafal dan murojaah. kemudian regulasi diri interpersonal santri penghafal al-Qur’an yaitu adanya hubungan baik antara orang tua dan mengikuti keinginan orang tua dan merealisasikannya,menjaga interaksi yang baikdengan teman dan menghormatinya, mendekati guru pembimbing agar mendapatkan arahan dalam menghafal al-Qur’an oleh hal ini ditunjukan oleh subjek tiga.Dan yang terakhir regulasi diri metapersonal santri penghafal al-Qur’an yaitu adanya usaha-usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mendekati Allah Swt dengan cara berdzikir, berpuasa, mengamalkan sholat sholat sunnah dan niat ikhlas menghafal Al-Qur’an untuk mencari ridho Allah Swt. Agar dapat meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an dan dipermudah dalam menyelesaikan hafalan al-Qur’an. Hal ini sudah ditunjukan ketiga subjek yang memiliki regulasi diri yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:20
Last Modified: 08 Jun 2020 04:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10008

Actions (login required)

View Item View Item