الكفاءة التربوية والمهنية لمدرسي اللغة العربية بالمدرسة الابتدائية الحكومية 3 ماديون

mashudi, wafa ali (2020) الكفاءة التربوية والمهنية لمدرسي اللغة العربية بالمدرسة الابتدائية الحكومية 3 ماديون. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Wafa Ali mashudi S2 PBA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ali Mashudi, Wafa. 2019, Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 3 Madiun. Tesis Konsentrasi Pembelajaran Bahasa Arab Program Pasca Sarjana IAIN Ponorogo.
Pembimbing : DR. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional.
Guru adalah salah satu unsur terpenting dalam pendidikan di lembaga pendidikan yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Berdasarkan peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang standar pendidikan nasional, guru harus memiliki empat kompetensi, yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Pada kenyataannya, sebagian besar guru yang telah bersertifikasi pendidik banyak yang kurang kompeten dalam mengajar mata pelajaran. Banyak guru yang mampu menguasai materi pelajaran, tetapi sulit bagi mereka untuk menyajikan materi. Salah satu cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan mempersiapkan kompetensi profesional yang menunjang terhadap kemampuan yang didasarkan pada kompetensi pedagogik.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan gambaran kompetensi pedagogik dan profesional guru bahasa Arab pada Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 3 Madiun. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif naturalistik yang mengungkapkan keadaan lapangan dengan sesungguhnya, salah satunya menggunakan teknik Wawancara, kuesioner, dan observasi langsung oleh peneliti.
Guru bahasa Arab pada Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 3 Madiun berjumlah 6 orang. Secara keseluruhan hasil penelitian menyebutkan bahwa tingkat kompetensi pedagogik Guru bahasa Arab pada Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 3 Madiun mendapatkan nilai B dengan nilai prosentase 85,71% atau sudah professional. Sedang kompetensi profesional guru bahasa Arab pada madrasah ini mendapatkan nilai C dengan prosentase 62,5% atau kurang profesional, penilaian ini berlandaskan pada dokumen tentang pedoman Penilaian Kinerja Guru yang diterbitkan tahun 2016. Juga berlandaskan pada dokumen APKGM dan PKG yang diterbitkan oleh Kementrian Agama Kanwil. Jawa Timur tahun 2018. Rendahnya nilai kompetensi professional dibandingkan kompetensi pedagogic guru bahasa Arab disebabkan karena pelatihan-pelatihan guru yang ada di madiun selama ini lebih di titik beratkan pada pelatihan kompetensi pedagogik daripada pelatihan bidang kompetensi professional, ditambah lagi tidak adanya guru yang mengampu bahasa Arab adalah guru kelas dan bukan guru khusus bahasa Arab yang secara langsung berdampak pada kompetensi mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:26
Last Modified: 05 Mar 2020 03:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8814

Actions (login required)

View Item View Item