Pengaruh Self Esteem terhadap Perilaku Bullying pada Siswa-Siswi Kelas V di MIN 6 Ponorogo

Purnamasari, Lintang Galih (2024) Pengaruh Self Esteem terhadap Perilaku Bullying pada Siswa-Siswi Kelas V di MIN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
PUBLIKASI E-THESIS LINTANG.docx

Download (979kB)

Abstract

Purnamasari, Lintang Galih. 2024. Pengaruh Self Esteem dan Emotional Quotient terhadap Perilaku Bullying pada Siswa-Siswi Kelas V di MIN 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M. Pd. I.
Kata kunci : Self Esteem, Bullying
Masa remaja awal dapat dikatakan sebagai masa dimana sebagian besar siswa akan terpapar perilaku bullying, baik sebagai korban, pelaku, pengamat, atau bahkan ketiganya. Namun karena perilaku bullying telah menunjukkan adanya hubungan timbal balik yang negatif terhadap harga diri siswa dan harga diri terhadap perilaku bullying, maka terdapat kemungkinan bahwa pengembangan harga diri dapat rusak dan mungkin memerlukan proses pemulihan yang lebih lama daripada siswa yang tidak mengalami perilaku bullying, baik sebagai korban maupun pelaku bullying. Berbagai penelitian terkait variabel self esteem hanya meneliti pengaruh bullying dari sisi korban. Maka, pada penelitian ini, peneliti tertarik membahas pengaruh self esteem terhadap perilaku bullying dari sisi pelaku.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self esteem terhadap bullying pada siswa-siswi kelas V di MIN 6 Ponorogo. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif jenis expost-facto. Pengambilan data dilakukan melalui angket dan observasi. Sampel penelitian berasal dari siswa-siswi MIN 6 Ponorogo yang di terpilih secara random sukarela. Subjek penelitian berasal dari kelas V di MIN 6 Ponorogo, kemudian data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Uji asumsi klasik meliputi : 1) Uji Normalitas, 2) Uji Heterokadisitas, 3) Uji Multikolinieritas, dan 4) Uji Linieritas. Sedangkan uji hipotesis meliputi Regresi Sederhana dan Regresi Berganda. Hasil data yang telah diolah kemudian divisualisasikan dengan bantuan SPSS ver 23.
Berdasarkan hasil analisa data, ditemukan bahwa self esteem berpengaruh terhadap perilaku bullying, namun tidak secara signifikan, yakni 8,5%. Hal ini ditunjukkan pada nilai R2 sebesar 0,085. Tidak signifikannya pengaruh dibktikan dalam tabel Anova dengan nilai sig 0,106, yang berarti nilai Sig >0,05 atau tidak berpengaruh secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 Dec 2024 03:09
Last Modified: 31 Dec 2024 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31925

Actions (login required)

View Item View Item