KIRANA, YEHAS AFFAN (2022) Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Psikomotorik Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di SLBN 1 Sambiroto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
YEHAS AFFAN KIRANA_203180130_REVISI PERPUS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Guru dalam proses pembelajaran materi seni tari
mempunyai peran dalam pengembangan kemampuan
keterampilan psikomotorik, karena substansi dari
pembelajaran tari adalah gerak. Gerak merupakan unsur
utama dalam perkembangan keterampilan motorik,
kenyataan dilapangan, guru harus mempertimbangkan
materi yang akan difasilitasi dan dikomunikasikan
kepada ABK. Maka dari itu perlu adanya peran guru
sebagai penyambung ilmu kepada peserta didik ABK
sesuai dengan tingkat kebutuhannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1)
Guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan
keterampilan psikomotorik anak berkebutuhan khusus
x
melalui pelajaran seni budaya dan prakarya materi seni
tari di SLBN 1 Sambiroto; 2) Guru sebagai komunikator
dalam mengembangkan keterampilan psikomotorik anak
berkebutuhan khusus melalui pelajaran seni budaya dan
prakarya materi seni tari di SLBN 1 Sambiroto.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Subjek
penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SLBN 1
Sambiroto. Data dianalisis menggunakan langkah Miles
& Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan
ketekunan pengamat, triangulasi sumber dan
menggunakan referensi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dwi Ulfa Nurdahlia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 03:21 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 03:21 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30484 |
Actions (login required)
View Item |