Karimah, Nayla (2024) دور البيئة اللغوية في تنمية المهارة الإنتاجية (دراسة ميدانية تحليلية بمعهد المودّة الإسلامي للبنات). Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
504210007_ Nayla Karimah_Pendidikan Bahasa Arab.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Karimah, Nayla, 2024, Peran Lingkungan Bahasa dalam Meningkatkan Maharah Intajiyah
(Studi Kasus Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo), Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: 1) Dr. H. Moh. Munir, Lc., M.Ag, 2) Zahrul Fata, P.hd.
Kata Kunci: Behavioristik, Lingkungan Bahasa, Maharah Intajiyah, Evaluasi CIPP (Contex, Input, Process, Product)
Penelitian ini mengkaji tentang peran lingkungan Bahasa dalam meningkatkan maharah intajiyah santriwati pesantren putri Al-Mawaddah dengan menggunakan evaluasi CIPP (Contex, Input, Process, Product).
Adapun penelitian ini membahas tentang bagaimana peran lingkungan Bahasa dalam meningkatkan maharah intajiyah yaitu maharah kalam dan maharah kitabah serta program apa yang menjadi pendukung dalam meningkatkan maharah intajiyah santriwati pesantren putri Al-Mawaddah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Tingkat keberhasilan peran lingkungan bahasa dalam meningkatkan maharah intajiyah santriwati pesantren putri Al-Mawaddah dengan berbagai program dukungan seperti pemyampian kosa kata, muhadatsah, muhadlarah, pembenaran bahasa dan ujian sumatif (lisan dan tulis) dapat dikategorikan “baik” dengan beberapa evaluasi antara lain: (1). Peran lingkungan bahasa dalam meningkatkan maharah kalam melalui evaluasi CIPP yaitu konteks pada klasifikasi analisis menurunnya minat siswa seperti kurangnya kesadaran dalam menggunakan bahasa Arab di percakapan sehari-hari, input pada klasifikasi kualitas guru dengan kurang ketatnya pengawasan dalam penggunaan bahasa sehari-hari, proses pada klasifikasi program dan indikator capaian pada tingkat akhir mata pelajaran dan lulusan dari tahun berikutnya. (2). Peran lingkungan bahasa dalam meningkatkan maharah kitabah melalui evaluasi CIPP yaitu konteks pada klasifikasi analisis menurunnya minat siswa dalam meningkatkan maharah kitabah contohnya pada saat ujian tulis, input pada klasifikasi menurunnya kualitas guru karena tidak sesuai dengan program yang diampuh, proses pada klasifikasi program dan indikator capaian pada hasil ujian akhir sekolah dari tahun ke tahun.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Moh. Munir & Zahrul Fata |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 07:23 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 07:23 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29510 |
Actions (login required)
View Item |