..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG).. Model Pendidikan Karakter Sosial Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo

Ridwan, Muhamad (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG).. Model Pendidikan Karakter Sosial Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS _MUHAMAD RIDWAN_(TANPA DAFTAR ISI).doc

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya pemerosotan karakter sosial santri yang tinggal di lingkungan pondok pesantren, seperti memudarnya budaya gotong royong para santri dan lebih memilih bersikap eksklusif. Kemudian adanya temuan bahwa ketika ada seorang santri yang sedang sakit, teman yang lain cenderung kurang memperhatikan dan justru bersikap acuh. Hal ini menunjukkan lemahnya karakter sosial santri berupa sikap kepedulian dan komunikatif. Realita tersebut merupakan masalah yang perlu diteliti dan dicarikan solusinya, karena ketika permasalahan karakter sosial ini tidak ditangani maka bisa merusak nama baik pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang menekankan dalam pembentukan karakter yang mulia. Berdasarkan penjajakan data awal, peneliti menemukan adanya pendidikan karakter sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk kegiatan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo dalam membentuk karakter sosial santri; (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat di dalam kegiatan tersebut dalam membentuk karakter sosial santri; (3) mendeskripsikan dampak positif dari pelaksanaan kegiatan tersebut dalam membentuk karakter sosial santri di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori menurut Miles, Huberman, dan Johnny Saldana yang meliputi kegiatan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Bentuk kegiatan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo dalam membentuk karakter sosial santri adalah melalui kegiatan Muhāḍarah dan Pramuka. Kegiatan ini dilaksanakan menggunkan model suplemen; (2) Kegiatan Muhāḍarah dan Pramuka di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo sebagai bentuk pendidikan nilai karakter sosial santri memuat nilai-nilai pendidikan multikultural, yaitu nilai kesetaraan, keadilan, kemajemukan, dan demokrasi; (3) Pelaksanaan kegiatan Muhāḍarah memberikan dampak positif terhadap terbentuknya sikap tanggung jawab dan komunikatif para santri. Sedangkan di dalam kegiatan Pramuka memberikan dampak positif terhadap terbentuknya sikap komunikatif, toleransi, disiplin, tanggung jawab, dan peduli sosial para santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ju' Subaidi Basuki, Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:58
Last Modified: 01 Jul 2024 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29327

Actions (login required)

View Item View Item