Mas'udah, Ummu (2024) ..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Upaya Guru Dalam Membentuk Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Kebijakan Pada Mata Pelajaran SKI Kelas 11 MA Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
Text
201200194_UMMU MAS'UDAH_PAI.docx Download (804kB) |
Abstract
Pelajaran SKI dalam proses pembelajarannya cenderung membuat siswanya merasakan bosan, hal ini dikarenakan materinya banyak mengandung sejarah dan cerita. Dengan adanya permasalahan tersebut sudah seharusnya para guru dapat menciptakan proses pembelajaran SKI agar menjadi efektif, dengan proses pembelajaran SKI yang efektif maka siswa akan termotivasi dalam belajar sehingga minat belajar pada siswa pada pelajaran SKI dapat terbentuk.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan implikasi dari proses pembelajaran pada mata pelajaran SKI melalui kebijakan-kebijakan yang diterapkan guru dalam membentuk minat belajar siswa kelas 11 MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan teori yang behaviorisme. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data adalah kepala sekolah, guru SKI kelas 11 dan siswa kelas 11 MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verivikasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di lapangan didapatkan bahwa pertama, upaya guru SKI kelas 11 dalam membentuk minat belajar melalui pelajaran SKI dapat dilakukan dengan tiga prinsip yaitu konsekuensi, kesegaran konsekuensi dan shaping. Kedua, implikasi dari upaya guru dalam membentuk minat belajar siswa melalui pelajaran SKI dengan penerapan teori behaviorisme yakni penerapan kebijakan yang digunakan oleh guru SKI dalam proses pembelajaran dapat membentuk minat belajar siswa pada pelajaran SKI. Dapat dikatakan demikian karena yang sebelumnya siswa kurang minat belajar pada pelajaran SKI, menjadi memiliki minat belajar siswa karena adanya stimulus yang diberikan guru sehingga mengakibatkan siswa kelas 11 tertarik dalam mempelajari materi SKI di kelas tanpa adanya paksaan saat proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Abu Muslim |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 02:55 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 02:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29083 |
Actions (login required)
View Item |