PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI MADIUN DALAM MENGGUNAKAN BSI MOBILE DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Putri, Rismawati (2024) PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI MADIUN DALAM MENGGUNAKAN BSI MOBILE DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402200195_RISMAWATI PUTRI_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mobile Banking Bank Syariah Indonesia atau yang lebih sering dikenal
dengan sebutan BSI Mobile, adalah aplikasi mobile banking dari Bank Syariah
Indonesia, yang dapat digunakan untuk segala jenis transaksi non tunai. Di dalam
layanan BSI mobile fitur yang diberikan tidak jauh berbeda dengan fitur yang
ditawarkan oleh bank konvensional. Namun yang membedakannya adalah adanya
fitur zakat online, juz amma dan asmaul husna, penunjuk masjid terdekat bahkan
pengingat jadwal sholat. Penelitian ini dimaksudkan karena terdapat permasalahan
yang muncul dan berkaitan dengan loyalitas nasabah. Belum lama ini, tepatnya
pada paruh tahun 2023 Bank Syariah Indonesia mengalami serangan hacker oleh
pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga mengakibatkan BSI Mobile tidak
dapat diakses.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh
kemudahan, keamanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah di Madiun
dalam Menggunakan BSI Mobile dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel
Intervening. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dalam
pengambilan datanya dilakukan menggunakan bantuan kuesioner dengan teknik
sampling insidental sebanyak 97 responden. Dalam melakukan pengolahan dan
analisis data, langkah-langkah pengujiannya antara lain menggunakan uji validitas
dan reliabilitas, asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji R², uji hipotesis (uji t,
uji F, uji sobel, analisis jalur).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan tidak berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah. Keamanan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas nasabah. Citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
nasabah. Kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Keamanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Citra perusahaan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan tidak mampu memediasi
kemudahan terhadap loyalitas nasabah. Kepuasan tidak mampu memediasi keamanan terhadap loyalitas nasabah. Kepuasan mampu memediasi citra
perusahaan terhadap loyalitas nasabah di Madiun dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 May 2024 08:55
Last Modified: 21 May 2024 08:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27709

Actions (login required)

View Item View Item