Manajemen Program Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MTs Negeri 1 Ponorogo

Rahmawti, Rizqi Ulinni'mah (2023) Manajemen Program Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MTs Negeri 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190065 RIZQI ULINNI'MAH RAHMAWATI MPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rahmawati, Rizqi Ulinni’mah. 2023. Manajemen Program Kelas Unggulan
dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MTs Negeri 1 Ponorogo. Skripsi.
Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fata
Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen, Mutu Lulusan, Program Kelas Unggulan
Mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan sangat penting dan
harus dilaksanakan. Madrasah unggul akan berdampak terhadap kepercayaan
masyarakat pada lembaga pendidikan. Madrasah akan semakin meningkat yang
terbukti dengan adanya banyak keinginan masyarakat untuk mendaftarkan
anaknya sekolah di madrasah. Oleh sebab itu, madrasah harus tetap meningkatkan
kualitas dan pelayanan agar masyarakat tetap memilih madrasah sebagai lembaga
pendidikan yang dipilih.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk
mendeskripsikan proses perencanaan program kelas unggulan dalam meningkatan
mutu lulusan. (2) untuk memaparkan proses pelaksanaan program kelas unggulan
dalam meningkatan mutu lulusan. (3) untuk menjelaskan proses pengawasan
program kelas unggulan dalam meningkatan mutu lulusan. (4) untuk menganalisis
implikasi program kelas unggulan dalam meningkatan mutu lulusan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu
model Miles Huberman dan Saldana yang meliputi: pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan program kelas unggulan dalam
meningkatkan mutu lulusan, seperti: program kerja, tujuan dari program kerja,
biaya yang diperlukan, waktu pelaksanaan, penanggung jawab, pelaksanaan,
relasi, dan sasaran yang disepakati. (2) pelaksanaan program kelas unggulan
dalam meningkatkan mutu lulusan, tidak terlepas dari peran pemimpin dalam
menggerakkan dan mendorong atau memotivasi. Hal ini tidak terlepas juga dari
pengurus program, guru-guru dan siswa. (3) pengawasan program kelas unggulan
dalam meningkatkan mutu lulusan, berdasarkan menilai dan mengoreksi, serta
mengukur kinerja dari setiap tenaga pendidikan dan siswa. (4) implikasi program
kelas unggulan dalam meningkatkan mutu lulusan dapat dilihat dari capaian atas
indikator yang ada, yaitu: sikap, pengetahuan program kelas unggulan dalam
meningkatkan mutu lulusan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:53
Last Modified: 08 Jan 2024 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26928

Actions (login required)

View Item View Item