Trauma Pada Remaja daam Drama Korea Move to Heaven (Slice of Life)

Husna Hafizhatul, Safira (2023) Trauma Pada Remaja daam Drama Korea Move to Heaven (Slice of Life). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
303190039_Safira Hafizhatul Husna_BPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang trauma pada remaja dalam drama Korea Move to Heaven. Trauma merupakan perasaan yang muncul karena peristiwa luar biasa hingga menimbulkan rasa cemas terus menerus. Remaja adalah peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Drama Korea merupakan drama yang menceritakan sebuah kehidupan di masyarakat Korea.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah mengenai faktor penyebab trauma, dampak dari trauma dan peran orang sekitar dalam mendampingi tokoh utama yang mengalami trauma pada drama Korea Move to Heaven.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah kajian pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab trauma, mendeskripsikan dampak dari trauma serta menjelaskan peran orang sekitar dalam mendampingi tokoh utama yang mengalami trauma pada drama Korea Move to Heaven.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor penyebab Han Geu-Ru mengalami trauma yakni kematian dari ayahnya, dampak dari trauma yang dialami Geu-Ru yaitu trust issue, flashback, perilaku kemarahan atau agresif, bermasalah dalam menjalin relasi dengan orang lain, munculnya halusinasi serta gangguan tidur. Peran orang di sekitar Geu-Ru adalah mendampingi, menjadi pendengar yang baik, sabar juga pengertian dalam menghadapi Geu-Ru, tidak memaksa dan membantu mengelola amarah dengan memberikan ruang untuk berpikir bagi Geu-Ru.
Kata kunci: Trauma, Remaja, Drama Korea, Move to Heaven

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurdin Muhamad
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:58
Last Modified: 23 Nov 2023 08:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26333

Actions (login required)

View Item View Item