Persepsi Masyarakat Terhadap Penentuan Arah Kiblat Masjid Darussalam Desa Lengkong Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

Mustofa, 'Afif Jamiyl Al (2023) Persepsi Masyarakat Terhadap Penentuan Arah Kiblat Masjid Darussalam Desa Lengkong Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
'AFIF JAMIYL AL MUSTOFA_Skripsi_101180001_HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mustofa, ‘Afif Jamiyl Al. 2023. Persepsi Masyarakat Terhadap Penentuan Arah Kiblat Masjid Darussalam Desa Lengkong Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Novi fitia Maliha, M.H.I.
Kata Kunci/keyword: Persepsi, Arah Kiblat, Masjid Darussalam

Seseorang sudah bisa melaksanakan shalat apabila telah memenuhi syarat. Salah satu syarat sah shalat adalah menghadap kiblat yaitu ka’bah. Menghadap kiblat merupakan syarat bagi orang yang mampu melakukannya. Pada awal tahun 2019 masjid Darussalam mengalami renovasi dan juga pengukuran ulang arah kiblat. Sempat terjadi perbedaan pendapat dengan arah kiblat yang telah ditentukan oleh tim ahli falak yang hadir. Adanya dugaan bahwa terdepat beberapa warga tidak melaksanakan ibadah di masjid Darussalam disebabkan karena perdebatan tersebut. Penelitian dibuat untuk menjawab persepsi yang timbul dari beberapa kalangan warga yang melaksanakan ibadah di masjid Darussalam.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana analisis falakiyah terhadap arah kiblat masjid Darussalam? 2) Bagaimana persepsi masyarakat mengenai keadaan arah kiblat masjid Darussalam?

Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.

Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan perhitungan tim Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama’ kabupaten Ponorogo serta penampilan dari citra satelit google earth bahwa masjid Darussalam desa Lengkong sudah cukup akurat. Walaupun ada sebagian ulama’ yang memperbolehkan bagi umat Islam yang berada jauh dari ka’bah untuk tidak menghadap ‘ayn ka’bah. Berdasarkan hasil inteview yang dilakukan peneliti dengan para informan bahwa sebenarnya masyarakat di sekitar masjid Darussalam cukup memahami bahwa shalat mereka bisa dikatakan sah apabila telah menghadap kiblat. Hanya saja mereka belum paham mengenai metode pengukuran arah kiblat yang benar. Sementara dari warga sendiri sebenarnya belum puas dengan adanya arah kiblat masjid yang baru. Walaupun demikian tidak terjadi penurunan antusias warga dalam melaksanakan rangkaian kegiatan di masjid Darussalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 05:56
Last Modified: 20 Nov 2023 05:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26137

Actions (login required)

View Item View Item