Efektivitas Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Tunagrahita Dalam Konsep Sustainable Development Goals Di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Chariro, Linatul (2023) Efektivitas Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Tunagrahita Dalam Konsep Sustainable Development Goals Di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
LINATUL CHARIRO_501210013_UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA TUNAGRAHITA DALAM KONSEP SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DI DESA KARANGPATIHAN KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena sejumlah 96 warga di Desa Karangpatihan yang berstatus penyandang keterbelakangan mental atau tunagrahita yang masih ketergantungan kepada bantuan konsumtif, sehingga masih sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. padahal sudah dilakukan upaya pemberdayaan ekonomi keluarga tunagrahita untuk memandirikan masyarakat sejak tahun 2013. Adapun kendala-kendala yang menghambat keberhasilan pemberdayaan tersebut adalah sulitnya komunikasi dua arah antara pemberdaya dengan warga tunagrahita. Selain itu kurangnya semangat atau kemauan dari diri warga tunagrahita juga berpotensi menyebabkan program pemberdayaan ekonomi ini menjadi kurang efektif.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan jenis data primer dan sekunder, sedangkan sumber data yang digunakam dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis pelaksanaan pemberdayaan ekonomi masyarakat tunagrahita, (2) menganalisis faktor penghambat dan pendorong pemberdayaan ekonomi keluarga tunagrahita serta dampak pemberdayaan dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga tunagrahita, (3) menganalisis efektivitas pemberdayaan ekonomi keluarga tunagrahita dalam konsep Sustainable Development Goals di desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.
Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pemberdayaan ekonomi keluarga tunagrahita dilakukan di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Rumah Harapan Mulya dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti pelatihan, keterampilan, serta pembinaan. Dalam pelaksanaan pemberdayaan terdapat kendala yang dihadapi yakni komunikasi dan kemauan dari warga tunagrahita. 2) Dengan pelatihan tersebut warga tunagrahita mempunyai kegiatan dan keterampilan yang dapat menghasilkan pendapatan. dengan 3 konsep, yakni harian, triwulan, dan tahunan. 3) Berdasarkan pengukuran efektivitas dengan menggunakan tiga pendekatan, yaitu pendekatan pencapaian tujuan, pendekatan integrasi, dan pendekatan adaptasi, pelaksanaan pemberdayaan ekonomi keluarga tunagrahita dalam meningkatkan konsep Sustainable Development Goals di desa Karangpatihan berjalan cukup efektif. Dengan adanya kegiatan pemberdayaan memberikan implikasi kepada warga tunagrahita yakni: mempunyai pendapatan, memiliki kemampuan mobilitas, serta memiliki partisipasi dalam kehidupan sosial.
Kata Kunci: Efektivitas, Pemberdayaan Ekonomi, Sustainable Development Goals

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Aji Damanuri Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:04
Last Modified: 20 Nov 2023 01:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26089

Actions (login required)

View Item View Item