..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pemenuhan Nafkah Keluarga Pada Pernikahan Usia Dini.

Nanda Aprilia, Sari (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pemenuhan Nafkah Keluarga Pada Pernikahan Usia Dini. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI NANDA APRILIA SARI.docx

Download (472kB)

Abstract

Perkawinan yang sah adalah perkawinan yang dilaksanakan sesuai dengan syarat dan ketentuan perundang-undang yang berlaku. Salah satu syarat perkawinan adalah berusia 19 tahun bagi laki-laki dan perempuan seperti yang tercantum dalam Undang-undang perkawinan No. 1 tahun 1974. Namun dalam praktenya di Desa Dukuh masih banyak yang melakukan pernikahan dini. Rumah tangga tidak bisa dilepaskan dari kesadaran suami-istri dalam memahami peran dalam keluarga. Suami dan istri berperan aktif guna melaksanakan kewajiban masing-masing. Suami aktif dalam ranah produksi (publik, pencari nafkah utama) dan istri lebih aktif dalam reproduksi (domestik, pengurus keluarga). Faktanya dalam masyarakat tidak jarang ditemukan seorang istri yang aktif dalam ranah publik dan juga menjadi pencari nafkah utama dalam keluarga. Kedudukan suami sebagai sumber nafkah utama digantikan oleh istri, sehingga peran istri tidak hanya berkutat perihal reproduksi dan domestik, namun juga sebagai pencari nafkah. Pada dasarnya bahwa seorang suami memiliki kewajiban untuk menafkahi istrinya yang telah tertuang dalam Al-Qur’an dan Undang-Undang Perkawinan, namun realitanya di Desa Dukuh istri justru yang memberikan nafkah pada keluarga. objek penelitian yang diambil fokus pada masyarakat Muslim perempuan yang menjadi pencari nafkah utama dalam keluarga. Dikarenakan beberapa faktor tertentu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan sosiologi hukum terhadap pemahaman hukum pemenuhan nafkah keluarga dalam pernikahan usia dini di Desa Dukuh Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan? Bagaimana tinjauan sosiologi hukum terhadap kesadaran dan kepatuhan hukum pemenuhan nafkah keluarga akibat pernikahan usia dini di Desa Dukuh Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data primer dari hasil wawancara dari para pelaku pemenuhan nafkah dan pernikahan dini. Sedangkan data sekunder adalah buku-buku dan literatur yang berhubungan dengan kajian penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik pemenuhan nafkah keluarga akibat pernikahan dini. Praktik yang seharusnya yang memenuhi nafkah adalah suami namun dalam praktinya di Desa Dukuh ini justru sang istri yang harus memenuhi nafkah keluarga bahkan tidak jarang pula sang istri memenuhi kebutuhan keluarga mertunya juga. Kebiasan-kebiasaan yang timbul dan sudah menjadi budaya hukum inilah yang ditemukan penulis selama masa penelitian. Kurang kesadaran dan kepatuhan hukum yang berlaku membuat sebagian masyarakat Desa Dukuh menjadikan pernikahan dini dan pemenuhan nafkah oleh istri menjadi hal yang wajar. Peran istri sebagai pencari nafkah dalam keluarga menimbulkan beberapa dampak, baik positif maupun negatif terhadap keluarga. Dampak positif yang timbul yaitu dengan bekerjanya istri dapat meningkatkan perekonomian keluarga menjadi lebih baik, sehingga kebutuhan keluarga bisa tercukupi. Sedangkan dampak negatif yang timbul adalah kurangnya intensitas waktu pertemuan dan perhatian yang didapatkan oleh keluarga. Sehingga suami dan anak cenderung terabaikan dan tidak terurus, juga komunikasi yang kurang terkadang menyebabkan pertengkaran-pertengkaran dan konflik dalam keluarga tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rooza Meilia Anggraini
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:00
Last Modified: 14 Nov 2023 04:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25933

Actions (login required)

View Item View Item