...(UPLOAD SKRIPSI FULLTEXT SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Tingkat Kemampuan Kognitif Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas 5 Pada Materi Akidah Akhlak Di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo

Saadah, Laila Tahshul (2023) ...(UPLOAD SKRIPSI FULLTEXT SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Tingkat Kemampuan Kognitif Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas 5 Pada Materi Akidah Akhlak Di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203180189_LAILA TAHSHUL SAADAH_SKRIPSI DUMMY.docx

Download (742kB)

Abstract

Tahshul Saadah, Laila. 2023. Pengaruh Tingkat Kemampuan Kognitif Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Materi Akidah Akhlak Kelas V di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.

Kata Kunci : Tingkat Kemampuan Kognitif, Materi Akidah Akhlak, Perilaku Belajar Siswa
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Tingkat Kognitif Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Materi Akidah Akhlak Kelas V di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo dan dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang belajar Akidah Akhlak tetapi dalam dirinya belum terbentuk tata krama yang baik. Mulai dari meninggalkan kelas tidak izin, tidak sopan terhadap guru, kurang bertanggungjawab saat ada tugas, kurang menerapkan sifat saling tolong menolong sesama teman, kurang menghormati guru maupun orang lain. Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk mencari bagaimana tingkat kemampuan kognitif pada materi Akidah Akhlak siswa kelas 5 di MI Ma’arif Ngrupit, bagaimana perilaku belajar siswa kelas 5 di MI Ma’arif Ngrupit, dan adakah pengaruh tingkat kemampuan kognitif terhadap perilaku belajar siswa kelas 5 pada materi Akidah Akhlak di MI Ma’arif Ngrupit.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan kognitif pada materi Akidah Akhlak siswa kelas 5 di MI Ma’arif Ngrupit; 2) Untuk mengetahui perilaku belajar siswa kelas 5 di MI Ma’arif Ngrupit; 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat kemampuan kognitif terhadap perilaku Belajar siswa kelas 5 pada materi Akidah Akhlak di MI Ma’arif.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, analisisnya bersifat kuantitatif atau statistik dan bertujuan untuk menguji hipotesis. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tingkat kemampuan kognitif pada materi Akidah Akhlak berada pada tingkatan sedang. Hal ini dilihat dari hasil analisis bahwa kategori sedang sebesar 68,0% sebanyak 17 siswa, kategori tinggi sebesar 24,0% sebanyak 6 siswa, dan kategori rendah sebesar 8,0% sebanyak 2 siswa; 2) Perilaku belajar siswa di MI Ma’arif Ngrupit berada pada tingkatan sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis bahwa kategori sedang sebesar 52% sebanyak 13 siswa, kategori tinggi sebesar 20,0% sebanyak 5 siswa, dan kategori rendah sebesar 28,0% sebanyak 7 siswa; 3) Terdapat pengaruh antara tingkat kemampuan kognitif terhadap perilaku belajar siswa pada materi Akidah Akhlak dengan nilai signifikan. berdasarkan hasil perhitungan uji linier sederhana yang tercermin dalam output SPSS versi 23 nilai signifikan 0,010 < 0,05. Sedangkan berdasarkan tabel Anova bahwa sig. deviation from linieity sebesar 0,915 ˃ 0,05 yang dapat diartikan bahwa H1 diterima maka terdapat hubungan linier antara variabel tingkat kemampuan kognitif dengan perilaku belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:23
Last Modified: 05 Sep 2023 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25462

Actions (login required)

View Item View Item