Pengaruh pola asuh orang tua dan self regulated learning terhadap prokrastinasi peserta didik kelas IV MIN 16 Magetan Tahun Ajaran 2022/2023

Kharunia, Rima Rizki (2023) Pengaruh pola asuh orang tua dan self regulated learning terhadap prokrastinasi peserta didik kelas IV MIN 16 Magetan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190085_RIMA RIZKI KHARUNIA_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Kharunia, Rima Rizki. 2023. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Self Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Siswa Dikelas IV MIN 16 Magetan Tahun Ajaran 2022/2023, Skripsi, Jurusan Pensisikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.
Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Self Regulated Learning , dan Prokrastinasi Siswa.
Dalam proses pembelajaran di sekolah, tidak sedikit siswa yang mempunyai prokrastinasi, Perkembangan anak akan berjalan optimal jika didukung dengan pola asuh orang tua terhadap anak dapat dilakukan secara penuh yang pada akhirnya akan mencapai hasil belajar yang optimal. Begitu pula dengan kesiapan siswa merencanakan diri dalam mempersiapkan pembelajaran, siswa yang memiliki self regulated learning akan menyusun dan memilih untuk berpartisipasi dalam lingkungan yang mendukung proses belajar.
Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prokrastinasi siswa kelas IV MIN 16 Magetan, 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara self regulated learning terhadap prokrastinasi siswa kelas IV MIN 16 Magetan, 3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua dan self regulated learning terhadap prokrastinasi siswa kelas IV MIN 16 Magetan.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian expost facto. Dengan sampel penelitian siswa kelas IV sebanyak 43 responden. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket. Adapun teknik analisis data menggunakan rumus Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Berganda..
Hasil analisis data ditemukan: 1) ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prokrastinasi siswa kelas IV MIN 16 Magetan. Dengan hasil RSquare 0,246 dan konstribusi sebesar 24,6% sedangkan 75,4% dipengaruhi oleh faktor lain-lain, 2) ada pengaruh yang signifikan antara self regulated learning terhadap prokrastinasi siswa kelas IV MIN 16 Magetan. Dengan hasil RSquare 0,281 dan konstribusi sebesar 28,1% sedangkan 71,9% dipengaruhi oleh faktor lain-lain, dan 3) ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua dan self regulated learning terhadap prokratinasi siswa kelas IV MIN 16 Magetan. Dengan hasil RSquare 0,476 dan konstribusi sebesar 47,6% sedangkan 52% dipengaruhi oleh faktor lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:48
Last Modified: 19 Jun 2023 04:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24850

Actions (login required)

View Item View Item