..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK,UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Dampak Itsbat Nikah Terhadap Penerapan Uu No. 22 Tahun 1946 Tentang Pencatatan Pernikahan (Studi Di Pengadilan Agama Kabupaten Pacitan)

Rochman, Jauhar (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK,UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Dampak Itsbat Nikah Terhadap Penerapan Uu No. 22 Tahun 1946 Tentang Pencatatan Pernikahan (Studi Di Pengadilan Agama Kabupaten Pacitan). Masters thesis, IAIN Ponrogo.

[img] Text
02. revisi ba'da Ujian_Tesis_p. Jauhar Rochman_FULL.docx

Download (1MB)

Abstract

Nikah siri adalah pelanggaran hukum. Kalau saja pemerintah bisa lebih tegas lagi, maka para pelaku nikah siri bisa dikenakan sanksi hukum. Pemerintah menetapkan bagi pelaku nikah siri dapat mengajukan isbat nikah untuk mengesahkan pernikahkan sebelumnya. Akibat dari peraturann isbat nikah maka berpengaruh pada penerapan uu No. 22 tahun 1946 tentang pencatatan pernikahan. Dalam penelitian ini peneliti mengambil tiga rumusan masalah 1) Faktor-faktor apa saja yg menyebabkan itsbat nikah di KaPacitan? 2) Bagaimana prosedur itsbat nikah di pengadilan Agama Kabupaten Pacitan? 3). Bagaimana Implikasi Itsbat nikah terhadap Penerapan UU No. 22 tahun 1946 Tentang Pencatatan Pernikahan?. Penelitian ini menggunakan metode penelitiaann kualitatif dengan teknik triangulasi sumberdata dan selanjutnya peneliti analisis dengan beberapa teori efektifitas hukum. Hasil dari pembahasan implikasi itsbat nikah terhadap kewajiban pencatatan pernikahan sesuai UU No. 22 tahun 1946 maka ketika melihat faktor terjadinya itsbat nikah disebabkan dari adanya pernikahan siri sementara tujuan penerapan UU No. 22 tahun 1946 untuk mengatasi adanya konflik yang disebabkan dari pernikahan siri hal ini tidak dapat berpengaruh pada penerapan UU tersebut. Sesuai dengan teori dalam penegakan hukum bahwa hukum tanpa adanya sangsi maka tidak dapat berjalan dengan maksimal.
Kata Kunci : Dampak, Isbat Nikah, Pencatatan Perkawinan

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia, Luhur Prasetiyo
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:25
Last Modified: 14 Jun 2023 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24457

Actions (login required)

View Item View Item