ANALISIS PRODUKSI PROGRAM TALKSHOW “SAPA PAGI” DI MADU TV NUSANTARA TULUNGAGUNG

Jannah, Miftakhul (2023) ANALISIS PRODUKSI PROGRAM TALKSHOW “SAPA PAGI” DI MADU TV NUSANTARA TULUNGAGUNG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
302190039_Miftakhul Jannah_KPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Jannah, Miftakhul. 2023. Proses Produksi Program Talkshow “Sapa Pagi” di Madu TV Nusantara Tulungagung. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Andhita Risko Faristiana, M.A.
Kata Kunci: Produksi Program TV, Talkshow, Sapa Pagi, Madu TV Nusantara Tulungagung
Keberadaan televisi lokal pada dasarnya memiliki kedudukan dalam menyampaikan serba serbi mengenai kearifan lokal.Televisi lokal memiliki peran dalam mengangkat dan menayangkan berbagai informasi lokal yang belum tersentuh oleh media televisi swasta dan nasional. Selain itu, televisi lokal juga berperan dalam melestarikan budaya lokal dengan eksplorasi potensi daerah dengan mengekposnya kepada publik. Dengan adanya tayangan kearifan lokal ini diharapkan mampu memberikan manfaat besar pada aspek pendidikan, hiburan, ekonomi, maupun bagi masyarakat lokal. Program acara Sapa Pagi merupakan sebuah program berita/informasi ringan yang menyajikan isu hangat terkini (update) dan teraktual serta tayangan inspiratif yang diperoleh dari berbagai daerah baik secara lokal maupun nasional. Talkshow Sapa Pagi merupakan sebuah program yang memiliki pengaruh pada tatanan masyarakat, sehingga berperan sebagai media penghubung dalam menyalurkan aspirasi dari pemerintahan kepada masyarakat begitu pula sebaliknya. Untuk itu, perlu kiranya mengetahui proses produksi dari media televisi khususnya pada program informasi yang dalam perannya mampu mempengaruhi pola pikir masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses produksi program talkshow Sapa Pagi di Madu TV Nusantara Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Produser Sapa Pagi, Asisten Produser Sapa Pagi, Tim Kreatif Sapa Pagi, dan Host Sapa Pagi. Hasil perolehan data dilakukan analisis berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menjelaskan proses produksi yang dilakukan pada program Sapa Pagi di Madu TV Nusantara telah sesuai dengan SOP (Sandar Operasional Prosedur) yang berlaku pada media televisi. Adapun tahap pra produksi yang dilakukan pada program Sapa Pagi berawal dari pembentukan tim produksi, rapat permulaan (briefing), penentuan tema pembahasan, penentuan dan pencarian narasumber, pengumpulan materi pembahasan, pematangan presenter, promosi, dan persiapan equipment. Untuk tahap produksi yang dilakukan pada program Sapa Pagi berfokus pada pengambilan gambar (syuting) dan penggunaan Zoom Meeting sebagai mediator produksi live virtual. Selanjutnya pada tahap pasca produksi pada program Sapa Pagi Madu TV Nusantara menekankan pada pengarsipan dan evaluasi untuk setiap segmen dari program siaran live Sapa Pagi guna melihat pergerakan rating dan share sebagai tahapan akhir dari keseluruhan produksi dan penayangan program.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:13
Last Modified: 05 Jun 2023 01:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23281

Actions (login required)

View Item View Item