Analisis Hukum Islam Terhadap Fitur Gopay Coins Sebagai Alat Transaksi Elektronik Pada Aplikasi Tokopedia

KHOTIMAH, NURUL (2022) Analisis Hukum Islam Terhadap Fitur Gopay Coins Sebagai Alat Transaksi Elektronik Pada Aplikasi Tokopedia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190035 - NURUL KHOTIMAH - NASKAH SKRIPSI PERPUS.pdf

Download (917kB)

Abstract

Suatu produk dapat dikatakan halal sesuai syariah apabila produk tersebut terbukti berdasarkan pada analisis hukum yang tepat dan mendalam. Jual beli dan hadiah dapat dikatakan sesuai dengan syariah apabila telah memenuhi rukunnya dan syarat-syarat yang melekat pada rukun tersebut. Dalam penggunaan GoPay Coins terdapat syarat dan ketentuan yang mengharuskan pengguna untuk menggunakan seluruh saldo yang dimiliki ketika bertransaksi dan juga ketentuan adanya pemberlakuan batasan masa berlaku pada saldo GoPay Coins yang dimiliki. Hal ini membuktikan bahwa Tokopedia menentukan syarat dan ketentuan yang memaksa dan merugikan pengguna, sedangkan dalam fikih muamalah dijelaskan bahwa salah satu syarat sah akad adalah adanya kerelaan, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. Dengan disyaratkannya ketentuan ini pengguna telah kehilangan haknya untuk memiliki kuasa penuh terhadap penggunaan GoPay Coins yang telah menjadi haknya.
Berdasarkan pada latar belakang masalah tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana analisis hukum Islam terhadap pilihan penggunaan penuh saldo GoPay Coins pada aplikasi Tokopedia? Bagaimana analisis hukum Islam terhadap pemberlakuan batasan masa berlaku GoPay Coins pada aplikasi Tokopedia?
Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode yang digunakan adalah metode induktif, dengan tahapan data reduction, data display, dan verification.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, ketentuan pilihan penggunaan penuh saldo GoPay Coins pada aplikasi Tokopedia berdasarkan hukum Islam adalah diperbolehkan. Akad tersebut disebut dengan akad Mu’alaq, yaitu akad yang di dalam pelaksanaannya terdapat syarat-syarat yang telah ditentukan dalam akad, dalam kasus ini yaitu penentuan penggunaan penuh saldo apabila nilai transaksi lebih besar dari jumlah saldo yang dimiliki. Sedangkan, ketentuan pemberlakuan batasan masa berlaku GoPay Coins pada aplikasi Tokopedia berdasarkan hukum Islam adalah tidak diperbolehkan. Berdasarkan pada sifat kepemilikan dari akibat hukum pemberian hadiah, GoPay Coins merupakan benda dengan status kepemilikan sempurna (Milk At-tām), dimana ketentuan tentang pembatasan masa berlaku tidak dapat diberlakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: KHUSNIATI ROFIAH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:28
Last Modified: 31 May 2023 08:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23216

Actions (login required)

View Item View Item