(File sudah benar,,,namun harus di PDF kan..))HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM IAIN PONOROGO

Utami, Nikita Diah (2022) (File sudah benar,,,namun harus di PDF kan..))HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Poorogo.

[img] Text
SKRIPSI NIKITA.docx

Download (695kB)

Abstract

ABSTRAK
Utami, Nikita Diah. 2022. Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Mayrina Eka Prasetyo Budi, M. Psi.

Kata Kunci: kontrol diri, perilaku konsumtif, belanja online, mahasiswa

Perilaku konsumtif dalam belanja online merupakan perilaku yang sudah umum bagi mahasiswa. Apalagi didukung oleh teknologi zaman sekarang yang sudah menyediakan aplikasi untuk berbelanja secara online. Tindakan perilaku konsumtif menyebabkan pemborosan karena hanya mengutamakan keinginan tanpa pertimbangan. Apabila mahasiswa mampu mengontrol diri mereka ketika dihadapkan dengan faktor-faktor pemicu perilaku konsumtif, maka risiko kecenderungan berperilaku konsumtif juga bisa dihindari. Maka diperlukan kontrol diri sebagai pengendali individu dalam mengambil keputusan berbelanja. Mahasiswa yang berperilaku konsumtif dalam berbelanja online kemungkinan memiliki kontrol diri yang rendah. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat kontrol diri mahasiswa BPI semester dua sampai semester sepuluh tahun akademik 2022 IAIN Ponorogo, 2) Tingkat perilaku konsumtif belanja online mahasiswa BPI semester dua sampai semester sepuluh tahun akademik 2022 IAIN Ponorogo, 3) Hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa BPI semester dua sampai semester sepuluh tahun akademik 2022 IAIN Ponorogo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 142 responden, yaitu mahasiswa BPI semester dua sampai semester sepuluh pada semester genap tahun akademik 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala psikologi, dan untuk analisis yang digunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji statistika (deskriptif dan inferensial) dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment. Dari hasil analisis menunjukan bahwa 1) tingkat kontrol diri mahasiswa tergolong sedang dengan presentase 66,2%, 2) tingkat perilaku konsumtif belanja online mahasiswa tergolong sedang dengan presentase 62,0% dan 3) terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif belanja online mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan SPSS yaitu nilai r -0,290 dengan signifikan 0,000 < 0,01. Ha diterima Ho ditolak artinya adanya hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif belanja online pada mahasiwa Bimbingan Penyuluhan Islam semester dua sampai semester sepuluh tahun akademik 2022 IAIN Ponorogo. Semakin tinggi kontrol diri maka semakin rendah perilaku konsumtif belanja online.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:04
Last Modified: 10 Jun 2022 07:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18756

Actions (login required)

View Item View Item